Angkasa Pura 2

KSOP Muara Angke Kelar Ramp Check Kapal Ojek

DermagaKamis, 15 Juni 2017
2017-06-15 19.17.22

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke kelar menggelar ramp check kapal ojek di dermaga Kali Adem, Jakarta Utara.

“Di sini memang tidak ada angkutan mudik Lebaran, hanya saja diperkirakan terjadi lonjakan warga yang hendak menggunakan kapal untuk bersilaturahim Lebaran,” ungkap Kepala KSOP Muara Angke, Capt. Wahyu Prihanto, Kamis (15^6/2017).

Karenanya, dia mengutarakan patut digelar ramp check untuk memastikan operasional 38 kapal ojek yang melayani rute ke Kepulauan Seribu tetap menjunjung tinggi aspek keselamatan.

Ramp check, dia mengemukakan digelar dengan didukung penuh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut. Selain itu, dikoordinasikan dengan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, KSOP Sunda Kelapa dan Dinas Perhubungan DKI.

Salah satu aspek yang ditekankan dalam ramp check itu, dia menuturkan adalah ketersediaan peralatan keselamatan dalam jumlah lengkap dan berkondisi baik.

“Kami juga memberi penekanan kepada aspek kepatuhan terhadap jumlah penumpang sesuai kapasitas tersedia dan dikaitkan dengan jumlah peralatan keselamatan,” tuturnya.

Wahyu Prihanto memgakui amat sulit untuk memberlakukan seluruh kewajiban dalam aspek keselamatan pelayaran seperti yang diamanatkan dalam regulasi, antara lain Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayatan.

“Harus gradual dan terukur penerapannya. Karena ini kapal rakyat, yang secara tradisional sudah lama beroperasi melayani warga. Kesadaran terhadap keselamatan pelayaran harus terus ditumbuhkan kepada operator kapal ojek,” tuturnya. (gus).

loading...