Angkasa Pura 2

Mulai H-7 Lebaran, Itjen Kemhub Turunkan Tim Pemantau Arus Mudik

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit SDMKamis, 15 Juni 2017
IMG-20170604-WA0041

JAKARTA (Beritatrans.com) – Inspektorat jenderal (Itjen) Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan menurunkan tim pemantau selama masa angkutan Lebaran 2017 dari H-7 sampai H+7 Lebaran.

Beberapa daerah krusial dan terjadi lonjakan arus mudik seperti Belawan, Batam, Bandara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak dan lainnya akan dipantau langsung oleh Tim itjen Kemhub ini.

“Mereka bertugas untuk memantau dan memastikan aparatur Kementerian perhubungan di lapangan bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat,” kata Irjen Kemhub Dr. Wahju Satrio Utomo menjawab Beritatrans.com, di Jakarta, Rabu (14/6/2017) petang.

Tim Itjen Kemhub ini, lanjut dia, akan bertugas untuk memastikan aparat bertugas dan melayani masyarakat dengan baik dan benar. “Jika nanti ditemukan hal-hal yang berpotensi menghambat pelayanan ke masyarakat akan langsung dikoordinasikan dengan aparat terkait di lapangan untuk segera diatasi,” tukas Tommy, sapaan akrab dia.

Menurutnya, selama ini tim Itjen Kemhub yang bertugas sebagai mediator dan konsolidator seluruh aparat terkait di lapangan belum ada. “Ke depan, tim Itjen Kemhub akan turun mengoreksi dan memberikan saran dan solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang muncul di lapangan,” jelas Tommy.

Dalam pelaksanaan angkutan Lebaran ini, tambah Tommy, yang paling berperan adalah aparat dari subsektor transportasi baik darat, laut, udara dan kereta api. Ragam masalah dan cara-cara pemecahannya juga berbeda.

“Oleh karenanya, kerja mereka harus diawasi dan dikoordinasikan dengan baik, sehingga memberikan hal terbaik. Masyarakat terlayani dengan baik dan mengeliminer semua dampak negatif yang bisa muncul di lapangan,” tandas Tommy.(helmi)