Angkasa Pura 2

Jika Antrean Lebih 2 Km Maka Kendaraan Dibelakangnya Akan Diatur Masuk Rest Area

KoridorJumat, 16 Juni 2017
IMG-20170616-WA0052

CIKAMPEK  (Beritatrans.com) – Mengantisipasi  kepadatan selama arus mudik Lebaran 2017, Pemerintah akan menerapkan berbagai skenario. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan jika antrean kendaraan sudah mencapai 2 km atau lebih.

“Disiapkan rest area bay atau bayangan selain yang sudah ada selama ini. Jika arus lalin padat maka kendaraan di belakangan  akan diatur dan diminta masuk ke rest area bayangan. Jika sudah lancar baru dilepas kembali atau dialihkan melalui jalur alternatif,” kata Ketua KNKT Dr. Ir.Soerjanto Tjahjono kepada Beritatrans.com disela-sela penatauan jalur mudik pantura Jawa di Cikampek, Jumat (16/6/2017).

Saat arus mudik nanti, lanjut dia,  arus lalu lintas akan dipantau dan dikendalikan langsung dari Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2017 di Kementerian Perhubungan.

“Dengan  sistem terpusat tersehut, diharapkan tak ada ego sektoral dan saling menyalahkan jika sampai terjadi masalah. Sementara, masalah yang muncul di lapangan harus diselesaikan secepatnya,” jelas Soerjanto.

Beberapa Rest Area

Pantauan Beritatrans.com bersama Tim Pemantau JaLur Mudik KNKT ke Pantura Jawa, ada beberapa rest area bay yang bisa digunakan warga masyarakat dan pemudik dengan gratis.

Mereka tersebar di beberapa titik seperti Km 18 Tol Jakarta Cikampek, Km  57 Tol Cikampek,  pintu Tol Cikopo serta tiga rest area  di sepanjang tol Cipali dan tol Palikanci sampai Pejagan di Brebes Barat.

Menurut Soerjanto, langkah rekayasa lalin akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. “Paling tidak jika antrean sudah mencapau 2 km atau lebih, maka arus lalin dibelakangnya akan dihambat agar tidak sampai terjadi stagnasi,” jelas Soerjanto.

Potensi kemacetan di jalur mudik akan selalu ada. Oleh karena itu, tambah Soerjanto, pemudik jangan terlalu fanatik dan terlalu mengandalkan jalur tol Trans Jawa yang sudah dioperasikan kini.

“Ada baiknya menggunakan jalur alternatif  baik jalur  pantura, jalur tengah dan jalur selatan Jawa. Persiapkan diri dan kendaraan  dengan baik serta isi BBM terutama sebelum masuk ruas tol,” tegas Suryanto.(helmi)

loading...