Angkasa Pura 2

Angkut 392 Penumpang, Kapal Express Bahari 9C Kandas Di Sumenep

DermagaMinggu, 18 Juni 2017
images (30)

SUMENEP (BeritaTrans.com) – Kapal Motor Express Bahari 9C rute Situbondo menuju Jangkar Raas, Sumenep, kandas di perairan Raas, Sabtu (17/6) pukul 17.00 WIB.

Kapal yang mengangkut 392 penumpang itu terdaftar dalam program mudik gratis Pemprov Jawa Timur 2017.

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Suwardi mengatakan, kapal tersebut kandas akibat tersangkut karang. Akibatnya, baling-baling kapal tidak bisa melakukan pergerakan pada posisi sekitar 1 mil dari Pelabuhan Raas.

“Informasi dari pimpinan Polsek Raas, kapal tersebut kandas diduga akibat tersangkut karang di perairan Pulau Kalosot,” kata Suwardi di Sumenep, seperti dilansir Antara.

Petugas gabungan lantas mengerahkan sejumlah perahu milik nelayan setempat untuk mengevakuasi 392 penumpang. Seluruh penumpang pun selamat dari peristiwa tersebut.

“Sesuai dengan laporan terakhir dari pimpinan Polsek Raas, evakuasi terhadap seluruh penumpang kapal mudik gratis itu telah tuntas. Semuanya selamat,” ujar Suwardi.

Kapal mudik Bahari Express memang melayani dua kali mudik gratis dari Jangkar ke Raas. Tahap pertama, kapal bertolak dari Pelabuhan Jangkar pada pukul 09.00 WIB dan pukul 15.00 WIB di tahap kedua. Nahas, kapal kandas pada pemberangkatan tahap dua.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan, mudik gratis lintas pelabuhan itu sebetulnya hanya melayani sekali pelayaran. Namun, karena membludaknya penumpang, panitia menambahkan kuota penumpang dan pemberangkatan di tahap kedua.

“Karena jumlah penumpang membludak di Pelabuhan Jangkar, kapal tersebut berangkat lagi atau pelayaran kedua dengan membawa 392 penumpang yang diberangkatkan pada hari sama pukul 16.00 WIB,” kata Wahid di Sumenep, Minggu (18/6). (moy).

loading...