Angkasa Pura 2

Cegah Kecelakaan Kapal, KNKT Imbau Isi Muatan Truk Diperiksa

DermagaMinggu, 18 Juni 2017
Jpeg

MERAK (Beritatrans.com) – Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan kapal angkutan penyeberangan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengimbau truk barang yang masuk kapal diperiksa isi muatannya.

Hal ini disampaikan WAKA KNKT, Haryo Satmiko dalam kunjungannya ke Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Merak, Sabtu (17/6/2017).

Menurutnya dari beberapa hasil investigasi yang dilakukan KNKT terhadap kecelakaan kapal angkutan penyeberangan yang terjadi selama ini, kebanyakan disebabkan oleh isi muatan.

Kunjungan_OPP_Merak Lebaran_2017

“Sebagai contoh, kecelakaan kapal roro di Pasalembo yang terjadi baru-baru ini diduga lebih karenakan isi muatan dari truk itu sendiri, padahal kapalnya sudah sangat laik jalan,” kata Haryo.

Jadi selama ini, lanjut Haryo, memang tidak ada kebijakan atau regulasi yang mengatur mengenai isi muatan di dalam truk. Supaya bisa membedakan isi muatannya itu, ia menyarankan sebaiknya proses tersebut diserahkan kepada regulasi agent (RA).

Terhadap masukan KNKT tersebut, pihak OPP Merak pun tak menampik bahwa sampai dengan saat ini, pemeriksaan muatan truk dilakukannya hanya berdasarkan golongan atau tarif kendaraannya saja.

“Memang selama ini untuk truk yang masuk ke dalam kapal, hanya kami bedakan dari jenis kendaraan atau tarifnya,” ujar Sudjendro, Kasie Operasional OPP Merak saat menerima kunjungan KNKT di ruangan kerjanya.

Berdasarkan proses penyelidikan KNKT selama ini, jumlah kecelakaaan kapal angkutan penyeberangan lebih disebabkan oleh isi muatan truk, bukan karena ketidaklayakan dari kapal itu sendiri. [yog]

Foto: Yogi

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari