Angkasa Pura 2

Direktorat Navigasi Udara Selidiki Kejadian Go Around GA 425

Bandara KokpitSenin, 19 Juni 2017
Pesawat_Garuda_Beritatrans-553x338

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Jajaran Direktorat Navigasi Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan diterjunkan untuk menyelidiki kejadian go around pesawat Garuda GA 425 rute Denpasar-Jakarta di Bandara Soekarno Hatta, Ahad (18/6/2017).

“Sudah diturunkan tim untuk menyelidiki penyebab kejadian tersebut dan mencari jalan keluar sehingga kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari,” tutur Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Semua peristiwa yang terkait keselamatan penerbangan, menurutnya, harus terdokumentasi dengan baik. Dengan demikian dapat dipelajari untuk membuat antisipasi, sehingga kejadian yang sama tidak terulang.

“Saya juga instruksikan pada semua stakeholder  untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pesawat Garusa go around pada Ahad, pukul 15.16 UTC atau pukul 22.16 WIB. Go around dilakukan karena pada saat yang bersamaan, masih ada pesawat  Sriwijaya SJ580 rute Jakarta-Makassar di landasan pacu. Pesawat Sriwijaya tersebut tidak jadi terbang  (take off)  karena alasan teknikal. (omy)