Angkasa Pura 2

Kapal ASDP KMP Arwana Malah Sudah Sebulan Nganggur Di Kali Adem

DermagaRabu, 21 Juni 2017
2017-06-21 16.31.38

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ironi mudik Lebaran. Di saat terjadi kebituhan terhadap kapal begitu tinggi, kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry, KM Arwana, malah sudah sebulan ini menganggur di Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara.

2017-06-21 18.54.43

BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans melihat kapal, yang merupakan penugasan dari Kementerian Perhubungan, itu hanya sandar di dermaga.

Ada sejumlah ABK berada di kapal tersebut. Di antara mereka, ada yang sedang membersihkan bagian dalam kapal. Ada pula yang sedang santai.

“Sudah sekitar sebulan ini nganggur aja begitu. Nggak tau kapan mulai berlayar,” tutur seorang petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Ketika hal itu dikonfirmasikan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke, Capt. Wahyu Prihanto, BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans mendapat jawaban bahwa operasional kapal itu menunggu persetujuan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Dari laporan yang kami terima kapal KMP Arwana merupakan pengganti dari kapal KMP Kundur, yang juga milik PT ASDP. Hanya saja sejauh ini belum ada persetujuan dari Dinas Perhubungan mengenai besaran tarif kapal tersebut,” ujarnya.

Dia mengutarakan kapal KMP Arwana memang semestinya segera dioperasikan, terutama untuk memperkuat angkutan warga selama Lebaran ini.

BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans mencatat KMP Arwana sebelumnya beroperasi di kawasan Indoensia timur, termasuk Muluku Utara.

Swdangkan KMP Kundur beroperasu perdana lintasan Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa, dan Pulau Pramuka, mulai Sabtu (14/1/2017). (wah).