Angkasa Pura 2

Kapal Pelni KM Bukit Siguntang Angkut 2.000 Pemudik Dari Nunukan

DermagaWednesday, 21 June 2017

NUNUKAN (BeritaTrans.com) – Sebanyak 2.000 pemudik calon penumpang Kapal Motor Bukit Siguntang yang akan singgah di sejumlah pelabuhan di Sulawesi, Selasa (20/6/2017) malam memadati Pelabuhan Tunontaka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

KM Bukit Siguntang bertolak dari Pelabuhan Tunon Taka pada pukul 22.00 Wita dan akan menyinggahi Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Parepare, Pelabuhan Makasar dan Pelabuhan Baubau.

“Kira-kira ini puncaknya karena kapal ini masih sampai ke Baubau, masih sempat pemudik berpuasa di kampung halaman mereka,” ujarnya, Rabu (21/06/2017).

KM Bukit Siguntang dengan tujuan Pelabuhan Baubau kali ini menampung pemudik sebanyak 3.500 orang, 2.000 penumpang yang naik dari Pelabuhan Tunontaka Nunukan dan 1.500 penumpang dari Pelabuhan Kota tarakan.

Kapasitas KM Bukit Siguntang sendiri mencapai hampir 4.000 penumpang.

Agus Subagya memastikan bahwa puncak arus mudik kali ini berjalan lancar.

Selain KM Bukit Siguntang, masih ada 2 kapal swasta dengan tujuan Parepare dan ke Kupang yang akan melayani pemudik pada tanggal 21 dan tanggal 23 mendatang.

“Jadi kan masih ada 2 kapal lagi, besok kapal swasta ke Parepare. Kemudian nanti tanggal 23 ini sampai ke Kupang terakhir,” imbuhnya.

Untuk pengamanan arus mudik, pihak kepolisian Sektor Keamanan Pelabuhan KSKP Tunon Taka Nuunukan memberlakukan sistem buka tutup bagi penumpang yang akan naik ke atas kapal.

Kapolsek KSKP Tunontaka AKP Eka Berlin mengatakan, sistem buka tutup masuk ke kapal tersebut untuk mencegah penumpukan penumpang di pintu masuk kapal.

“Ada 3 pintu di pelabuhan, kita terapkan sistem buka tutup di tiap pintu sehingga penumpang tidak menumpuk di pintu kapal,” ujarnya. (ahm/sumber: kompas.com).