Angkasa Pura 2

Taruna PKTJ Dikerahkan Untuk Membantu Kelancaran Arus Mudik Lebaran

Koridor SDMRabu, 21 Juni 2017
Taruni PKTJ1

TEGAL (Beritatrans.com) – Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal berpstisipasi dalam Posko Lebaran tahun 2017. Para taruna PKTJ yang mendapatkan jatah libur Lebaran selama dua pekan  ditugaskan untuk membantu pelaksanaan angkutan Lebaran di manapun mereka libur.

Tujuan kegiatan ini adalah selain untuk memberikan pengalaman kepada para taruna, juga digunakan untuk melakukan sosialisasi keselamatan kepada para pemudik.

Beberapa jenis pelayanan angkutan Lebaran yang dilakukan oleh taruna meliputi kegiatan ramp check angkutan umum di terminal, pengaturan arus lalu lintas, pengawasan dan monitoring arus lalu lintas melalui ATCS, pelayanan mudik bareng hingga inspeksi prasarana jalan.

Dalam melakukan kegiatan tersebut, para taruna PKTJ bekerjasama dengan petugas Dinas Perhubungan maupun Pengelola Jalan Tol.

Taruni PKTJ2

Direktur PKTJ, Yudi Karyanto, MSc mengatakan,  kegiatan ini adalah wujud dari peran serta PKTJ di dalam memberikan pelayanan angkutan Lebaran. Selain itu juga sebagai media bagi para taruna untuk melakukan penelitian terkait dengan arus dan kecepatan lalu lintas serta antrian yang terjadi pada ruas jalan maupun gerbang tol.

“Mereka memiliki kompetensi untuk melakukan penelitian terhadap kondisi arus lalu lintas, tidak hanya membantu mengatur dan mengawasi arus lalu lintas. Apa yang mereka peroleh selama perkuliahan dapat diaplikasikan selama arus mudik Lebaran setelah berkoordinasi dengan instansi terkait,” lanjut Yudi di Tegal, Rabu (21/6/2017).

Dengan terlibat dengan posko, tentu para taruna mengorbankan waktu liburan mereka. Namun para taruna sangat antusias dengan kegiatan ini karena dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada jutaan pemudik. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. (novan/helmi)

Taruni PKTJ3