Angkasa Pura 2

Ada Pemerataan Arus Mudik, Sekjen Kemhub Optimis Pelaksanaan Mudik Lebaran Lebih Baik

KoridorJumat, 23 Juni 2017
IMG-20170623-WA0053

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Ir. Sugihardjo mengatakan, pelaksanaan arus mudik Lebaran 2017 lebih baik dibanding sebelumnya. Meski diakui, masih ada beberapa kekurangan salah satunya kemacetan lalu lintas di sejumlah titik.

“Arus mudik tahun 2017 mulai terjadi peningkatan sejak ekmarin sore (Kamis, 22/6/2017) dan berlanjut sampai Jumat siang tadi. Tapi, sore ini dilaporkan beberapa titik kemacetan sudah mulai teratasi bekata kerja keras dan sinergi semua pihak terkait di lapangan,” kata Sugihardjo di Posko Angkutan Lebaran Nasional Terpadu 2017, Jumat (23/6/2017).

Satu hal yang patut diapresiasi dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2017, lanjut dia, warga masyarakat Indonesia sudah mulai sadar dan tidak tertumpu menggunakan satu jalur seperti Tol Cipali seperti tahun 2016 silam sehingga memicu kepadatan lalu lintas yang parah.

“Hampir semua ruas jalur mudik baik ke barat menuju Sumatera atau ke timur menuju Jawa Barat sampai Jawa Tengah rata-rata mengalami peningkatan arus lalu lintas. Tapi, dengan pemerataan pemudik itu tidak sampai terjadi kemacetan parah dan sampai menelan korban jiwa,” kilah Sugihardjo.

Dari pantauan kamera CCTV, lanjut dia, sejak semalam terjadi kepadatan menjelang Pelabuhan Merak, Banten. Tapi, kemacetan itu sdah mulai terurai dan manajemen PT ASDP Cabamg Merak sudah memberlakukan tiket elektronik (on line).

“Implikasinya pelayanan makin cepat dan atrean yang berkepanjangan tidak sampai terjadi. Volume kendaraan yang melintas memang sangat tinggi. Jadi harap maklum kalau sampai terjadi kepadatan lalu lintas itu,” jelas dia.

IMG-20170623-WA0054

Rekayasa Lalin di Merak

Selain itu, manajemen ASDP Merak kembali melakukan rekayasa lalu lintas terutama untuk melayani anomi pemudik dengan sepeda motor. “Kalau semua disiapkan Dermaga 6, karena permintaan tinggi Dermaga 1 dan Dermaga 2 Merak dibuka untuk sepeda motor pemudik,” papar Sugihardjo.

Sementara, kepadatan lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama (SKU), menurut Sugihardjo, dilakukan upaya contra flow mulai dari Km 12- Km 18 dan kembali dilakukan di Km 32-Km 41. “Berkat keigapan dan langkah cepat aparat di lapangan, mulai Jumat siang kepadatan di GT Cikarang Utama mulai terurai dan arus mudik makin lancar,” sebut dia.

Sementara, kepadatan di tanjakan Nagrek, Bandung, menuju Garut dan Tasiklamaya di lintas selatan Jawa Barat dan berlanjut ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dilakukan kebijakan buka tutup lalu lintas.

“Dengan kebijakan buka tutup serta pengawasan ekstra ketat aparat di lapangan dibantuk Polri/ TNI kita optimis arus mudik 2017 akan lebih baik lagi,” tandas Sugihardjo.(helmi)