Angkasa Pura 2

Menhub Berharap Kuota Mudik Gratis Lebaran Tahun Depan Bertambah

Dermaga KoridorMinggu, 25 Juni 2017
IMG-20170625-WA0054

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap kuota mudik gratis Lebaran 1439 H tahun depan bertambah. Akan tetapi nantinya program mudik gratis ini akan diintensifkan pengangkutannya dengan kapal laut tidak lagi dengan bus. Menhub beralasan daya dukung sarana jalan belum memungkinkan.

“Kalau saya inginnya bertambah (kuotanya), kita akan intensifkan di kapal karena kalau ditingkatkan di darat (dengan bus) daya dukung sarana jalan belum memungkinkan nanti kalo di laut itu mau 10 kapal, 20 kapal itu bisa,” kata Menhub saat berlebaran dengan para pengemudi bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2017).

Menhub Budi mengaku tingkat occupancy program mudik gratis dengan kapal yang diselanggarakan Kementerian Perhubungan pada tahun ini sekitar 75 persen. Hal ini menurutnya dikarenakan adanya beberapa kendala.

“Kemarin itu tidak bisa banyak karena kita tidak bisa kerjasama dengan banyak kapal. Selain itu, terkait sosialisasi kita takut juga kalau banyak. Kemarin ini kan (kuotanya) 20 ribu kira-kira occupancy nya 75 persen,” katanya.

Sementara occupancy mudik gratis dengam moda angkutan yang lain kira-kira 80 persen.

“Jadi kalau kita perbesar berarti sosialisasinya harus banyak,” ujar Menhub. (aliy)