Angkasa Pura 2

28.643 Penumpang & 5.990 Kendaraan Naik Kapal Dari Bakauheni Ke Merak Di Hari Kedua Lebaran

DermagaSelasa, 27 Juni 2017
o_19qsa12ds1c0vibqmim1r2uthrt

BANDAR LAMPUNG (BeritaTrans.com) – Manajemen PT ASDP Cabang Bakauheni, Lampung, mencatat jumlah penumpang yang menyeberang dari pelabuhan di ujung selatan Pulau Sumatera itu ke Pelabuhan Merak, Banten, pada Lebaran hari kedua, Senin 26 Juni 2017, mencapai 28.643 orang.

Informasi dari Posko Lebaran Bakauheni yang diketuai Sugeng Purwono memerinci jumlah pemudik yang menyeberang terdiri atas pejalan kaki sebanyak 7.334 orang. Rinciannya, 6.830 dewasa dan 564 anak-anak, serta dalam kendaraan 21.243 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan yang menyeberang sebanyak 5.990 unit terdiri atas roda dua atau sepeda motor 2.991 unit dan roda empat atau lebih sebanyak 2.999 unit.

Sebelumnya Sugeng, yang juga manajer operasional PT ASDP Cabang Bakauheni, memperkirakan arus balik akan ramai mulai Jumat 30 Juni hingga Minggu 1 Juli, karena para pegawai negeri sipil (PNS) serta karyawan swasta sudah bekerja mulai pada Senin 3 Juni.

Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung diperkirakan mencapai puncaknya pada Sabtu 1 Juni atau lima hari setelah Lebaran 2017. Namun, antrean kendaraan diperkirakan tidak sepadat seperti arus mudik di Pelabuhan Merak.

Selain itu, pantauan di jalan lintas timur (jalinsum) ruas Bandarlampung-Bakauheni menunjukkan kendaraan yang melintas umumnya menuju tempat-tempat wisata seperti Pasir Putih yang lokasinya berada di ruas Bandar Lampung-Bakauheni.

Sehubungan dengan hal itu, beberapa kalangan memperkirakan arus balik pekerja sektor formal, seperti PNS/BUMN dan karyawan swasta, akan mulai ramai pada Jumat hingga Minggu (H+6), namun puncaknya diyakini pada Sabtu.

Arus balik pekerja sektor informal biasanya berlangsung setelah aktivitas perkotaan di Jawa sudah mulai pulih. Dengan demikian, puncak arus balik pekerja sektor informal diperkirakan terjadi pada 7–8 Juli 2017. (ani/sumber okezone.com).

loading...