Angkasa Pura 2

Menhub: Tiga Hal Harus Dipersiapkan Sebelum Arus Balik Lebaran

Koridor SDMKamis, 29 Juni 2017
Menhub NTMC2

PURWAKARTA (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi meminta kepada para petugas agar tetap siaga memantau arus balik yang akan berlangsung hingga hari Minggu mendatang. Pwerjalanan arus balik Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia harus lebih baik dan selamat sampai tujuan masing-masing.

Menhub Budi mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan arus balik. Pertama, faktor keselamatan. Ia mengatakan berdasarkan evaluasi penyelengaraan mudik tahun sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah kecelakaan pada arus balik.

“Biasanya pada arus balik ini, jumlah kecelakaan cenderung meningkat. Hal itu karena pemudik sudah dalam kondisi yang¬† lelah setelah melakukan mudik. Lalu juga, kondisi kendaraan yang kurang prima. Saya imbau pemudik agar memastikan kendaraannya dalam kondisi prima,” ujar Menhub di Purwakarta, Rabu (28/6/2017).

Mudik Lebaran tahun ini, lanjut dia,¬† sudah kita selesaikan sekitar 70 persen. Masih ada sekitar 30 persen lagi yang harus kita selesaikan pada arus balik hingga hari Minggu mendatang. “Untuk itu, semua harus tetap siaga. Jangan sampai apa yang sudah kita lakukan dengan baik pada arus mudik, menjadi sia-sia,” jelas Menhub Budi.

Tindak Bus Tak Laik

Masih terkait keselamatan, Menhub meminta petugas untuk menindak tegas bus-bus yang tidak laik melewati jalur tol, karena sangat membahayakan keselamatan penumpang.

Lalu kedua, Menhub mengimbau kepada pemudik sepeda motor yang akan melakukan perjalanan pada arus balik ke Jakarta, agar memanfaatkan program mudik gratis dengan kapal laut yang akan diberangkatkan setiap harinya mulai dari hari Kamis hingga minggu mendatang dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Harapan kami kalau jumlah peserta mudik gratis dengan kapal bertambah, di satu sisi mengurangi beban jalan dan mengurangi angka kecelakaan kendaraan sepeda motor,” imbuhnya.

Hal ketiga, Menhub mengimbau kepada masyarakat agar melakukan perjalanan arus balik sebelum hari Minggu tanggal 30 Juni 2017, untuk memecah kepadatan arus kendaraan pada satu hari tertentu.

“Hari Jumat tanggal 30 Juni 2017 atau H+4, kendaraan truk sudah mulai beroperasi. Untuk itu kalau bisa pemudik sudah balik paling lambat besok. Atau sekalian nanti hari Senin, untuk menghindari kepadatan kendaraan yang dipredikasi terjadi mulai dari Jumat hingga Minggu,” tandas Menhub Budi Karya.(helmi)

loading...