Angkasa Pura 2

Peningkatan Jumlah Pemudik Lebaran dengan Pesawat Tembus 12 Persen

Bandara KokpitKamis, 29 Juni 2017
IMG_20170629_190102

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) – Peningkatan jumlah pemudik dengan pesawat pada angkutan Lebaran (angleb) 2017 tembus 12 persen.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, pihaknya pada awal memprediksi kenaikan jumlah pemudik dengan pesawat di angka 9 persen.

“Kumulatif pada dua tahun terakhir ini, kenaikan jumlah pemudik meningkat terus, tahun lalu mencapai 9 persen. Ini menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat juga meningkat,” jelas Agus usai meninjau Posko Terpadu angleb di Bandara Adistjipto kelolaan PT Angkasa Pura (AP) I di Yogyakarta, Kamis (29/6/2017) malam.

Animo masyarakat yang semakin tinggi, kata Agus, ditambah lagi dengan rentang libur Lebaran yang cukup panjang dan periode mudik sejak H-10 hingga H+15.

“Kalau dahulu banyak yang memilih menggunakan bus, kereta api atau kapal, kini banyak yang beralih ke pesawat,” tutur dia.

Terbukti, trafik meningkat mulai H-9,8, dan 7 cukup tinggi. Walaupun puncak mudik tetap pada H-1 Lebaran, namun peningkatannya cukup merata dengan penerbangan hari-hari sebelumnya.

“Jumlah pemudik mencapai 3,1 juta, sedangkan prediksi kami di 2,7juta penumpang,” imbuhnya.

Dia juga mengapresiasi kesiapsiagaan dan pelayanan bandara yang terus lebih baik. Seperti di Yogya, dibuka hingga pukul 24.00 dan di Surabaya operasional selama 24 jam.

Dalam tinjauan tersebut, Dirjen Agus didampingi GM PT AP I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama dan GM Airnav Indonesia cabang Yogyakarta Nono Suryadi. (omy)