Angkasa Pura 2

INI 4 CATATAN MENHUB UNTUK PENYELENGGARAAN MUDIK 2017

Menhub Dailog warga

SEMARANG (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut ada beberapa hal yang dievaluasi pada penyelenggaraan mudik tahun 2017 yaitu kelaikan angkutan bus, pemudik sepeda motor, manajemen waktu mudik, dan kapasitas rest area.

“Beberapa yang harus kita evaluasi satu berkaitan dengan angkutan-angkutan yang tidak laik. Kedua pengendara motor terkait dengan jalur istirahat harus dikendalikan lebih baik. Ketiga manajemen waktu yang akan kita lakukan dengan baik, yaitu integrasi dari libur-libur antara libur pegawai swasta dan libur anak sekolah,” kata Menhub Budi usai meninjau arus balik Lebaran di Stasiun Tawang, Kamis (29/6/2017) siang.

Adapun yang keempat terkait kapasitas kendaraan di rest area. Menurut Menhub rest area harus diperluas. Dengan begitu diharapkan rest area dapat menampung pemudik yang ingin istirahat.

“Tempat istirahat mestinya akan dibuat lebih besar sehingga bukan saja rest area sebagai tempat mereka (pemudik) makan tapi juga tempat parkir sekedar memang ingin melepas kepenatan,” jelasnya.

Disamping itu, keterlibatan asosiasi dianggap Menhub penting untuk dilakukan. Hal ini terbukti dimana asosiasi turut mendukung kebijakan pemerintah untuk menunda sementara operasional angkutan barang atau truk hingga Senin (3/7/2017) pekan depan.

“Kita akan libatkan secara intens asosiasi, hari ini Kadin, Asosiasi pengusaha truk dan ALFI mensupport himbauan dari Kemenhub untuk penundaan truk sampai ke hari Senin,” tandas Menhub Budi Karya.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari