Angkasa Pura 2

Disnav Semarang Dukung Penuh Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Tanjung Emas

DermagaRabu, 5 Juli 2017
IMG_20170704_113126

SEMARANG (beritatrans.com) – Angkutan laut Lebaran 2017/1438 H sejauh ini bisa dikatakan cukup sukses. Termasuk angkutan Lebaran yang menggunakan moda transportasi laut.

Sejak H-15 hingga menjelang akhir masa angkutan laut Lebaran pada 11 Juli mendatang atau H+15, program nasional ini relatif berjalan lancar, tertib, aman, dan selamat, tanpa ada kejadian insiden maupun eksiden yang menonjol.

IMG-20170704-WA0027

Lebaran tahun ini memang pemerintah terlihat solid menangani angkutan Lebaran. Bahkan di Kementerian Perhubungan pun terlihat ada koordinasi yang bagus, baik antar sub sektor maupun di internal sub sektor itu sendiri. Di sub sektor perhubungan laut misalnya, antar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan para Unit Pelaksana Teknis (UPT) terlihat bekerja keras berusaha memberikan pelayanan optimal kepada para pemudik, termasuk kembali menyediakan angkuta mudik gratis kapal laut.

“Kami pun di Distrik Navigasi turut memberikan dukungan penuh kepada KSOP Pelabuhan Tanjung Emas sebagai koordinator pelaksanaan angkutan laut Lebaran 2017,” kata Kepala Distrik Navigasi Kelas II Semarang, Sukiat, kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans, kemarin.

IMG-20170704-WA0028

Berdasarkan informasi dari Sukiat, Distrik Navigasi Semarang mengerahkan semua armada kapalnya dari mukai kapal perambuan kelas 1 KN Karimun Jawa hingga kapal-kapal lainnya.

Selain armada kapal, Sukiat juga menyiapkan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), Telekomunikasi Pelayaran (Telkompel) dan Stasiun Radio Pantai (SROP), serta Vessel Traffic Service (VTS).

“Pokoknya kami berikan dukungan penuh sesuai perintah Direktur Jenderal Perhubungan Laut agar seluruh UPT turut menyukseskan program angkutan laut Lebaran tahun ini,” kata Sukiat.

IMG-20170705-WA0003

Dukungan Distrik Navigasi Semarang ternyata tidak hanya pengamanan pelayaran, tetapi juga turut terlibat dalam pelayanan di darat. Salah satunya turut membantu KSOP dalam melayani masyarakat yang ikut mudik gratis. Bahkan turut membantu memberika. pengawalan ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo memantau serta melepas arus balik angkutan laut gratis beberapa hari lalu.

“Kami berharap angkutan mudik Lebaran dan mudik gratis menggunakan kapal laut tahun ini lancar dan tidak ada masalah sampai program ini ditutup pada H+15 atau 11 Juli nanti,” ujarnya. (aliy)