Angkasa Pura 2

8 Taruna AAL Ikuti Sidang Bapimkorptar Akademi TNI & Akpol

Hankam SDMKamis, 6 Juli 2017
2017-07-06 22.17.48

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Sebanyak delapan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti Sidang Badan Pimpinan Korps Taruna (Bapimkorptar) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian RI TW.II TA.2017 di gedung Dewakang, Akademi Angkatan Laut Bumimoro, Surabaya, Rabu (05/07).

Selain Taruna AAL, masing-masing matra mengirimkan delegasinya yaitu dari Akademi Militer (Akmil) mengirimkan enam Taruna, Akademi Angkatan Udara (AAU) mengirimkan tiga Taruna dan Akademi Kepolisian (Akpol) mengirimkan delapan Taruna.  Masing-masing matra didampingi oleh seorang Perwira pendamping.

Sidang Bapimkorptar kali ini mengangkat tema “Meningkatkan peran Kelompok Komando Korps Taruna dalam mengimplementasikan kepemimpinan Taruna di dalam kehidupan Resimen Korps Taruna”.

Melalui tema tersebut diharapkan nilai-nilai Pancasila dapat tertanam pada hati sanubari tiap-tiap Taruna/Taruni sehingga selalu diimplementasikan dalam pola pikir, pola tindak dan pola sikap Taruna/Taruni dalam kehidupan sehari-hari.

Pembukaan dan penyerahan palu sidang Bapimkorptar dilakukan oleh Dirdik Akademi TNI Brigjen TNI DR. Anton Nugroho, MMDS, MA yang dalam hal ini mewakili Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bayu Purwiyono.

Dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan oleh Dirdik Akademi TNI, Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bayu Purwiyono mengatakan sidang Bapimkorptar saat ini dilaksanakan secara khusus, karena diagendakan dua kegiatan penting bagi pembinaan Korps Taruna, yaitu agenda pertama acara serah terima jabatan Ketua dan Pengurus Bapimkorptar dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Pejabat lama akan dilantik dalam upacara Praspa TNI-Polri tahun 2017 di Istana Merdeka Jakarta, dan agenda kedua adalah penyelenggaraan pertemuan ilmiah sidang Bapimkorptar yang akan dilaksanakan setelah acara Sertijab oleh pejabat Bapimkorptar yang baru.

Ditinjau dari aspek pembinaan, penyerahan tongkat estafet kepemimpinan dari pengurus lama kepada pengurus baru memiliki arti tanggung jawab Korps Taruna/Taruni Akademi TNI dan Kepolisian RI sepenuhnya beralih dari Taruna Wreda kepada Taruna/Taruni Tingkat IV yang baru, kata Danjen Akademi TNI.

Selanjutnya Pengurus Bapimkorptar yang baru akan melaksanakan sidang Bapimkorptar untuk menggali dan menyampaikan pemikiran melalui forum diskusi yang dituangkan dalam makalah bersama, sehingga akan menumbuhkembangkan pemahaman tentang jiwa dan semangat integrasi bagi para Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akademi Polri dalam rangka mengasah jiwa kepemimpinan melaui media Bapimkorptar. (agus w).