Angkasa Pura 2

MENHUB: REALISASI ANGGARAN SEMESTER SATU TAHUN 2017 Capai 27,12%

Menhub Jojo Raker

JAKARTA (Beritatrans.com) -Realisasi anggaran 2017 Kementerian Perhubungan untuk posisi semester I Tahun 2017 mencapai 27,12%, sementara target realisasi dalam DIPA sebesar 24,84%. Realisasi ini juga lebih baik jika dibandingkan semester I Tahun 2016 yang mencapai 22,19%.

Demikian disampaikan Menhub dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, di Jakarta kemarin. Dalam Raker ini, Menhub didampingi Sekjen Kemenhub Sugihardjo dan seluruh pejabat eselon I Kemenhub RI.

Menhub Budi menjelaskan mengapa semester satu realisasi anggaran hanya ditargetkan 24,84%. “Hal tersebut karena 90% kegiatan baru selesai dilelang pada bulan Maret 2017 atau 70% kegiatan baru dikontrakkan pada bulan Maret 2017,” kata dia.

Pada Raker tersebut Menhub juga menjelaskan upaya yang dilakukan guna mencapai target realisasi anggaran Tahun 2017 sebesar 92%.

“Saya telah memberikan arahan untuk melakukan percepatan anggaran, seperti mendorong lelang tidak mengikat dengan nilai Rp7,071 triliun atau sebesar 20,4% dari nilai kegiatan yang dikontrakkan dan menargetkan pada akhir bulan Maret, kegiatan yang telah dikontrakan sebesar 70% atau kegiatan dilelangkan sebesar 90%,” jelas Menhub.

Menhub menambahkan, Kemenhub telah mengoptimalisasi kegiatan yang dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Angkutan Mudik Gratis

“Kami telah menyelenggarakan angkutan mudik gratis lebaran tahun 2017, mengoperasikan Long Distance Ferry untuk mengurangi kepadatan lalu lintas angkutan barang, mengadakan kapal pelayaran rakyat. Selanjutnya menggeser pembangunan bandara dari wilayah pesisir ke daerah pegunungan di Papua. Manfaat kegiatan ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” tambah Menhub.

Menhub juga memaparkan sasaran output transportasi tahun 2015 – 2019 yang tertuang dalam Renstra Kementerian Perhubungan dan RPJMN.

“Kami sudah menetapkan sasaran output hingga tahun 2019, diantaranya pembangunan BRT, pembangunan dan rehabilitasi terminal tipe A, pembangunan kapal dan pelabuhan penyeberangan, pembangunan dan rehabilitasi jalur kereta api, pembangunan pelabuhan laut dan kapal perintis, pembangunan bandar udara, dan meluluskan SDM bidang transportasi,” tandas Menhub.(helmi)

loading...