Angkasa Pura 2

Menhub Janji Optimalkan Kapal Roro dan KA Untuk Perbaiki Angkutan Lebaran

Dermaga EmplasemenJumat, 7 Juli 2017
kapal roro(1)

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi berjanji akan dioptimalkan penggunaan kapal roro untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan arus mudik Lebaran tahun 2018. Pada tahun ini okupansi kapal roro sudah cukup baik yaitu sekitar 80 persen.

Kementerian Perhubungan juga akan mengkaji kemungkinan untuk melonggarkan aturan terkait kepemilikan kapal untuk meningkatkan kapasitas kapal.

“Kita akan longgarkan aturan. Kalau dulu harus beli (kapal), sekarang bisa sewa. Atau kalau hari biasa banyak untuk angkut kendaraan, pas mudik bisa angkut orang. Jadi kapal bisa dimanfaatkan untuk logistik dan penumpang,” tutur Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Sedangkan di sektor perkeretaapian, Menhub mengatakan akan mengoptimalkan sistem persinyalan kereta untuk mengurangi headway antar kereta sehingga dapat meningkatkan kapasitas perjalanan kereta.

“Kalau itu diperbaiki, bisa menaikan kapasitas penumpang kereta hingga kira-kira 20 persen. Untuk jangka panjangnya kita akan bangun medium speed train Jakarta – Surabaya,” tandas Menhub Budi Karya.(helmi)