Angkasa Pura 2

Dirjen Tonny Sebut Penanganan Angleb dengan Kapal Laut Semakin Baik

DermagaSabtu, 8 Juli 2017
IMG-20170708-WA0030

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A Tonny Budiono menyebutkan bahwa pada tahun ini penanganan arus mudik dan balik pada angkutan laut Lebaran (angleb) dengan kapal laut lebih baik dan terkoordinir rapih dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini penyelenggaraan angkutan Lebaran termasuk angkutan lautnya berjalan baik dan lancar. Semua sesuai dengan rencana dan ditunjang oleh koordinasi yang sangat baik antar instansi,” tutur Tonny di Dermaga Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (8/7/2017).

Menurut Tonny, kunci keberhasilan ada pada omunikasi antar instansi yang berjalan dengan baik sehingga ego sektoral tidak tampak sama sekali.

Tonny juga memuji kerja sama yang baik antara operator kapal dan stakeholder yang bekerjasama saat ditemukan permasalahan di lapangan seperti yang terjadi di pelabuhan Kangean pagi tadi.

IMG-20170708-WA0032

Dia mendapat laporan adanya lonjakan penumpang di Pelabuhan Kangean tujuan Kalianget yang akan naik kapal Express Bahari 9C. Para penumpang yang mempunyai tiket naik ke atas kapal dengan tertib.

Namun, petugas di lapangan juga menemukan para penumpang tak bertiket ikut naik ke atas kapal namun dengan sigap petugas di lapangan dengan sopan meminta agar penumpang membeli tiket dan tidak memaksakan diri bila kapal sudah penuh.

“Pada kejadian tersebut sebanyak 310 orang penumpang membeli tiket dan bersedia naik kapal Express Bahari 1C yang akan berangkat esok hari (9/7). Untuk itu, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kangean telah menyiapkan tempat sementara di terminal pelabuhan bagi para penumpang yang menginap,” urai dia.

Penumpukan penumpang tersebut akibat adanya lonjakan penumpang akhirnya dapat teratasi dengan penambahan kapal yang tentunya dapat dilaksanakan dengan baik atas koordinasi dari operator kapal dan regulator.

Tonny juga berterima kasih kepada masyarakat pengguna jasa angkutan laut yang sudah lebih baik tingkat kesadarannya akan pentingnya keselamatan pelayaran.

Lebih lanjut, Tonny menginstruksikan kepada jajarannya untuk selalu mengutamakan keselamatan pelayaran dengan memastikan jumlah penumpang sesuai kapasitas kapal, jumlah alat keselamatan cukup dan perhatikan faktor cuaca sebelum kapal diberangkatkan.

“Secara umum dari laporan pantauan petugas, para petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) sudah melaksanakan instruksi Dirjen Hubla tersebut. Untuk itu saya selaku Dirjen Perhubungan Laut memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajarannya di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut baik kantor pusat dan di Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan juga taruna/i dari sekolah di bawah BPSDM Perhubungan,” ujar Tonny. (omy)

loading...