Angkasa Pura 2

PIP Semarang Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat Bagi Nelayan Juwana

SDMMinggu, 9 Juli 2017
Nelayan Juwana1

SEMARANG (Beritatrans.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerjasama dengan Lembaga Kelautan & Perikanan Indonesia (LKPI) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati, Jawa Tengah menyelenggarakan diklat pemberdayaan masyarakat bagi nelayan wilayah Juwana, Pati dan sekitarnya. Diklat ini sudah berjalan dan akan berakhir Rabu, tanggal 12 Juli 2017.

Diklat pemberdayaan masyarakat nelayan ini mulai Selasa, 4 Juli 2017 sampai dengan Rabu, 12 Juli 2017 di Pelabuhan Juwana, Pati, Jawa Tengah. Diklat meliputi Basic Safety Training (BST) dan Buat Buku Pelaut bagi Nelayan Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Peserta diklat berasal dari Para nelayan di wilayah Juwana Pati dan Sekitarnya dengan jumlah 300 (tiga ratus) orang peserta yang terbagi menjadi 3 Gelombang. Masing-masing Gelombang terdiri dari 100 orang.

Nelayan Juwana2

Gelombang I: Tanggal 4 sampai Juli 2017, Gelombang II: Tanggal 7 sampai 10 Juli 2017, dan Gelombang III: Tanggal 10 sampai 12 Juli 2017. Selain ilmu pengetahuan, para nelayan lulusan peserta diklat ini akan mendapakan Buku Pelaut sebagai syarat hukum melengkapi dokumen administrasi dalam melakukan penangkapan ikan di laut.

Hal itu sebagai upaya mencegah terulangnya kasus-kasus penangkapan nelayan oleh aparat hukum perairan saat melakukan patroli dan memudahkan nelayan bilamana terjadi kecelakaan kapal pada saat berlayar ataupun saat mengalami kehilangan kapal.(hms/helmi)