Angkasa Pura 2

Rp1,8 Trilun Bangun Jalan Ke Pelabuhan Kuala Enok, Buton & Dumai

Dermaga KoridorSenin, 10 Juli 2017
kuala enok

PEKANBARU (BeritaTrans.com) – Dari sisi jalan untuk tiga pelabuhan di Provinsi Riau, Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI bakal menginvestasikan anggaran sebesar Rp1,8 triliun. Khususnya untuk pengembangan kawasan Pelabuhan Kuala Enok yang membutuhkan peningkatan ruas jalan lebih besar dibanding pelabuhan Buton di Siak dan Pelabuhan Dumai.

Hal tersebut diungkapkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono kepada Riau Pos dalam kunjungan ke Pekanbaru. Bersama dua Menteri lainnya, Basuki melakukan rapat bersama Gubri H Arsyadjuliandi Rachman di VIP Lancang Kuning Bandara SSK II. Kepada Riau Pos, dijelaskannya dalam menyiapkan pelabuhan tersebut memang pihaknya berkoordinasi dengan salah satu BUMN, PT Pelindo.

“PU dari tiga pelabuhan di Riau, Buton, Dumai, Kuala Enok kami kolaborasi dengan Pelindo I akan merapatkan dengan Pelindo I tindaklanjutnya. Disiapkan uangnya Rp1,8 triliun dari sisi jalan,’’ kata Basuki menjawab Riau Pos, Sabtu (8/7).

Menurutnya langkah peningkatan ruas jalan di pelabuhan yang terdapat di Riau, pemerintah akan menyiapkan program sinergis sehingga benar-benar dapat terwujud peningkatan akses infrastruktur jalan. Sehingga sisi pelabuhan, pihak Kementrian BUMN bakal mendorong dalam percepatannya.

“Semua prioritas. Rp700-an miliar dimulai jalannya untuk Kuala Enok. Nanti berlanjut penggunaannya. Begitu juga Dumai ada 5 kilometer peningkatan ruas jalan, sama Buton juga diprioritaskan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Sumarno menambahkan, Pelindo I sebagai salah satu BUMN memang akan didorongnya untuk terus menyiapkan fasilitas pendukung pelabuhan. Khususnya di Kuala Enok yang memang akan dimulai. Sementara di Buton dan Dumai, dipastikannya sudah berjalan dan akan terus ditingkatkan.

“Kami akan koordinasikan setiap Progresnya. Kami dorong agar terwujud, termasuk pelabuhan itu, Pelindo I nanti menyiapkan strategisnya,” tambah Rini singkat.(anky)

loading...