Angkasa Pura 2

Indonesia Bersiap Menghadapi Bonus Demografi

Another News SDMSelasa, 11 Juli 2017
Bonus demografi1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kementerian BUMN mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersiap diri dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi bonus demografi.

Bonus demografi harus dimanfaatkan secara optimal untuk kebaikan bangsa dan negara terutama daya saing Indonesia di mata dunia. Dalam beberapa waktu ke depan, bangsa Indonesia akan memiliki SDM dengan usia produksi dan tentunya kualitas yang lebih baik dibandingkan dekade sebelumnya.

Melalui akun @Kementerian BUMN disebutkan, “Indonesia saat ini sedang bersiap memasuki era bonus demografi. Pemerintah harus menyiapkan strategi dalam jaga keseimbangan pertumbuhan penduduk karena dapat mempengaruhi keseimbangan fiskal negara,” kutip Beritatrans.com di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN sudah menyiapkan cara dan strategi khusus yang akan dilakukan untuk memanfaatkan kesempatan emas tersebut. Namun pada aplikasinya nanti, seluruh komponen bangsa harus bersama dan bersinergi guna meningkatkan kualitas SDM dan daya saing Indonesia sebagai bangsa yang lebih baik.

Bonus demografi2

Dengan persiapan yang baik, bonus demografi bisa dimanfaatkan agar berdampak secara jangka panjang untuk pertumbuhan ekonomi. Implikasinya diharapkan bisa menekan angka kematian, memperpanjang usia harapan hidup sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Bukan hanya itu, dengan bonus demografi selain total fertity rate, tingkat kesehatan masyarakat juga hal penting dalam menjaga keseimbangan pertumbuhan penduduk.

Bonus demografi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi ketergantungan, mendorong produktivitas & menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di masa depan.(helmi)