Angkasa Pura 2

Pilot Laporkan 100 Balon Udara Dekat Pesawat Selama Lebaran

KokpitRabu, 12 Juli 2017
special-shape-plane

MALANG (BeritaTrans.com) – Selama musim lebaran, Otoritas Bandara Wilayah III sudah menerima banyak laporan mengenai penemuan balon udara tak berawak yang diterbangkan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Otoritas Bandara III, Dadun Kohar, saat ditemui di sela Sosialisasi Dampak Balon Udara Terhadap Keselamatan Penerbangan, di Bina Yudha, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, Selasa (11/7/2017).

“Satu minggu setelah Lebaran, puncak masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah menerbangkan balon udara,” kata dia kepada awak media.

Dadun menjelaskan, hanya dalam kurun waktu satu minggu setelah lebaran, mereka sudah mendapatkan lebih dari 30 laporan penerbangan balon udara di Jatim dan Jateng. Bahkan, fakta mencengangkan yang dipaparkan Dadun, selama musim lebaran mereka sudah mendapatkan 100 laporan.

“Artinya itu yang bertemu dengan pesawat tapi yang tidak ketemu kan banyak,” kata dia.

Mengenai penerbangan balon udara tak berawak, lanjut laki-laki yang pernah berdinas di Angkatan Laut itu, mereka sudah berkoordinasi dengan kepolisian yang langsung terjun ke masyarakat untuk melakukan pemberitahuan dan penangkapan.

Bahkan, lanjut dia, sudah ada beberapa balon udara yang sudah disita dan ada di Polres masing-masing. Artinya, masih menurut Dadun balon-balon itu tidak berhasil diterbangkan. (moy/sumber Times Indonesia).