Angkasa Pura 2

Inilah Prodi Yang Paling Diminati Dalam Sipencatar 2017

SDMSabtu, 15 Juli 2017
Tes Psikologi Sipencatar17

JAKARTA (Beritatrans.com) – Hasil tes psikologi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) 2017 sudah diumumkan. Dari hasil seleksi yang diumumkan dapat diketahui ada beberapa program studi (prodi) yang paling favorit serta kurang diminati oleh masyarakat.

Untuk matra darat khususnya STTD Bekasi, prodi yang paling diminati adalah D-IV Transportasi Darat dan D-IV Perkeretaapian. Peserta yang lolos tes psikologi masing-masing 378 dan 258.

API Madiun ada dua prodi yang paling dimintai dan banyak peserta yang lolos tes psikologi. Mereka itu adalah Prodi Teknik Mekanik Perkeretaapian (TMP) sebanyak 128 dan Prodi manajemen Transportasi Perkeretaapian (TMP) sebanyak 335 orang.

Nautika Tetap Unggul

Untuk matra laut, yang paling favorit adalah prodi Nautika dan KALK. Sementara, prodi Teknika cenderung menurun dan hanya sedikit yang lolos tes spikologi.

STIP Jakarta misalnya, prodi Nautika lolos tes psikologi sebanyak 369 orang, PIP Semarang Prodi Nautika lolos 414 orang, Poltekpel Surabaya 109 dan PIP Makassar lolos sebanyak 113 orang.

Sebaliknya, untuk prodi Teknika cenderung turun dibandingkan penerimaan tahun sebelumnya. STIP Jakarta prodi Teknika yang lolos tes psikologi hanya 104 orang dibawah 50% dibandingkan Nautika.

Prodi Teknika di PIP Semarang hanya lolos tes psikologi sebanyak 164 orang, hanya 30% dibanding Nautika yang lolos tahun ini.

Lebih parah lagi, PIP Makassar untuk prodi Teknika hanya lolos tes psikologi sebanyak 14 orang dan Poltekpel Surabaya untuk prodi Teknika lolos 32 orang. Di kedua kampus ini perolehan catar teknika jauh dibawah Nautika.

Prodi ETO di Poltekpel Surabaya, satu-satua prodi elektrik di Indonesia sampai tes psikologi hanya lolos 14 orang. Jumlah itu hanya separuh dari kuota setiap kelas, yang selama ini ditetapkan sebanyak 24 orang.

Matra Udara TPU dan PLLU

Sementara, untuk matra udara prodi yang paling favorit adalah Teknik pesawat Udara (TPU) dan Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU).

STPI Curug misalnya, prodi TPU yang lolos tes psikologi mencapai 131 orang dan prodi PLLU sebanyak 245 orang.

ATKP Surabaya prodi yang paling banyak diminati adalah Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU) sebanyak 99 orang, disusul TPU sebanyak 96 orang dan PLLU sebanyak 121 orang.

Sementara, ATKP Makassar prodi paling favorit adalah TNU sebanyak 56 orang dan ATKP Medan yang paling favorit adalah prodi TNU sebanyak 88 orang dan LLU sebanyak 68 orang.(helmi)