Angkasa Pura 2

Tren Penumpang Bus PPD Sebagai Feeder TransJakarta Terus Meningkat

KoridorSabtu, 15 Juli 2017
Bus PPD TransJak

JAKARTA (Beritatrans.com) – Manajemen Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) siap melayani peningkatan penumpang khususnya di area Jabodetabek. Sejak libur panjang Idul Fitri, arus penumpang di Jabodetabek mulai pulih khususnya di koridor TransJakarta.

“Tren penumpang di Kota Jakarta dan sekitarnya terus meningkat. Sepanjang hari Jumat (14/7/2017), total bus PPD yang dioperasikan mencapai 336 unit,” kata senior Manager Operasi Perum PPD Arief Praptanto menjawab beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (15/7/2017).

Selama libur Lebaran yang lalu, lanjut dia, bus Perum PPD yang beroperasi hanya sekitar 150 unut per hari. Tapi sejak pekan kedua pasca Lebaran dan karyawan kantor pemeritah dan swasta masuk kerja, jumlah penumpang di Jakarta perlahan naik kembali.

Seperti diketahui, Perum PPD beroperasi sebagai feeder TransJakarta yang melayani seluruh koridor di Jakarta. Selain itu, menurut Arief, PPD juga mengoperasikan bus non TransJakarta seperti Jakarta-Bekasi, Jakarta-Poris Tangerang, Jakarta-Depok dan lainnya.

Sebagai mitra PTR TransJakarta, papar Arief, Perum PPD siap beroperasi sesuai permintaan di lapangan. Jika memang dibutuhkan, BUMN transportasi darat itu siap menambah armadanya untuk melayani masyarakat.

Ditambahkan Arief, setiap hari Perum PPD menerima order dari TransJakarta untuk menyiapkan sejumlah armada untuk dioperasikan esok hari. Dalam setiap bus PPD yang dioperasikan untuk melayani masyarakat ada personel TransJakarta yang ikut langsung dalam bus tersebut.

“Sebagai feeder Transjakarta, PPD dibayar sesuai jumlah penumpang dan jumlah kilomter (km) panjang jalan yang dilaluinya,” kilah Arief.

Dia menambahkan, tugas dan tanggung jawab PPD sekarang dan mendatang adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik serta frekuensi pelayanan yang makin baik dan stabil. Dengan begitu, konsumen bisa merencanakan perjalanan atau menunggu bus dengan lebih baik.(helmi)