Angkasa Pura 2

Pendaftaran Lomba Penelitian Transportasi Tinggal 5 Hari

LitbangMinggu, 16 Juli 2017
Lomba_Penelitian_2017

JAKARTA (beritatrans.com) – Masa pendaftaran lomba penelitian transportasi yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Perhubungan Tahun 2017 tinggal menyisakan waktu 5 hari kerja, yakni hingga Jumat, 21 Juli 2017. Lomba penelitian transportasi 2017 ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbarengan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Badan Litbang Perhubungan pada 30 Maret 2017.

Berdasarkan informasi dari website Badan Litbang Perhubungan, peminat lomba penelitian transportasi yang mengusung thema “Melalui Inovasi Kita Ciptakan Perkeretaapian Nasional yang Andal, Selamat, Efisien, dan Nyaman” ini masih memiliki kesempatan untuk memasukan naskah hasil penelitiannya kepada panitia hingga hari Jumat (21/7/2017).

Latar belakang penyelenggaraan lomba penelitian yang menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenang utama sebesar Rp50 juta ini dalah dalam rangka menyediakan sarana komunikasi ilmiah bagi masyarakat umum untuk menyumbangkan ide kreatif di bidang transportasi, mendorong terciptanya riset dikalangan masyarakat dan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan pelayanan transportasi. Melalui pelaksanaan lomba diharapkan memperoleh masukan yang dapat diimplementasikan untuk membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanan transportasi perkeretaapian di Indonesia.

Rakornis-Litbang-3

Lomba Penelitian Transportasi Tahun 2017 ini merupakan lomba penelitian yang digelar Badan Litbang Perhubungan yang kelima kalinya, yakni sejak tahun 2013 lalu. Tahun 2013, tema lomba penelitian transportasi mengambil tema “Angkutan Umum Pilihanku, Apa yang Harus Dilakukan?”. Pemenang utama tahun ini selain mendapat piala Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award dan uang tunai Rp20 juta, juga diberi hadiah perjalanan ke Korea Selatan.

Kemudian lomba penelitian transportasi Tahun 2014 mengambil tema “Dengan Transportasi Air Kita Jangkau Seluruh Pelosok Musantara” dengan hadiah uang tunai Rp20 juta dan perjalanan ke Amsterdam, Belanda.

Tahun 2015, lomba penelitian transportasi mengambil tema “Efisiensi Biaya Logistik Melalui Transportasi Multimedia” dengan hadiah uang Rp20 juta dan perjalan ke Jepang.

Sedangkan tahun 2016, tema yang diusung Badan Litbang Perhubungan adalah “Melalui Inovasi Teknologi Kita Tingkatkan Keselematan dan Pelayanan Penerbangan. Jumlah hadiah untuk pemenang utama pun mengalami peningkatan menjadi Rp50 juta. Adapaun hadiah perjalanan ke luar negerinya adalah mengunjungi kota Canbera, Australia.

Sementara hadiah untuk pemenang utama lomba penelitian transportasi tahun ini masih uang tunai Rp50 juta dengan perjalanan ke Kota Beijing, China.

Lomba_Penelitian_2017_1

Seleksi lomba terbagi menjadi seleksi tingkat regional dan tingkat nasional.

Seleksi tingkat regional terbagi menjadi 10 regional yaitu: Regional Medan (Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi); Palembang (Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung); DKI Jakarta (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat); Surabaya (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur); Yogyakarta (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta); Pontianak (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur); Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara); Ambon (Maluku dan Maluku Utara); Manado (Utara dan Gorontalo); dan Jayapura (Papua dan Papua Barat).

Para pemenang pertama dari masing-masing regional ini dikompetisikan kan kembali di tingkat nasional untuk mencari 6 pemenang yaitu pertama, kedua, ketiga, dan pemenang harapan pertama, kedua, ketiga. Sedangkan untuk pesertanya dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SLTA/S1 dan kategori S2/S3.

Adapun Subtema yang bisa dijadikan objek penelitian oleh para peserta adalah: Inovasi di bidang urban railway; Inovasi di bidang teknologi prasarana perkeretaapian; Inovasi di bidang teknologi sarana perkeretaapian; Inovasi manajemen dan pola operasi kereta api. (aliy)