Angkasa Pura 2

Perizinan Online di BPTJ Akan Dijadikan Model Daerah Lain di Indonesia

KoridorMinggu, 16 Juli 2017
Menhub BPTJ

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan sistem perizinan online untuk angkutan umum Jabodetabek ini akan bisa mewujudkan angkutan transportasi di wilayah Jabodetabek yang lebih baik. Menhub berharap nantinya tidak ada lagi keharusan masyarakat, mitra operator angkutan online untuk tatap muka dengan regulator atau pemerintah.

Menhub menargetkan pemenuhan legalitas angkutan online ini dapat selesai akhir tahun ini. Kementerian Perhubungan berharap sistem ini juga dapat diaplikasikan oleh pemerintah daerah, pada tahap awal Menhub mengatakan wilayah Jakarta akan menjadi model pengaplikasian sistem online ini.

“Jakarta adalah model suatu dari segala sistem Jakarta harus lebih dulu menjadi contoh, jika berhasil di Jakarta akan berhasil juga di daerah lain, kita akan aplikasikan ini ke daerah lain seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali, Semarang, dan kota-kota lainnya,” jelas Menhub di kantor BPTJ Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Menhub menyebut pelayanan angkutan umum harus memenuhi perizinan yang sah dengan begitu maka akan memberikan suatu jaminan bagi masyarakat dan sebagai bentuk tanggung jawab dari operator angkutan umum khususnya yang berbasis online.

“Suatu mekanisme pelayanan harus terdaftar dan harus mendapat legitimasi ada suatu jaminan bagi masyarakat bahwasanya operator-operator pengemudi itu memang adalah legal, legalnya itu di satu sisi memberikan kepastian tetapi juga menjadi tanggung jawab operator itu menjadi suatu yang pasti,” ujarnya.

Diterapkan Untuk Kopaja dan Angkot

Ke depan Menhub memastikan sistem perizinan online ini juga akan diterapkan pada perizinan di angkutan umum lainnya seperti pada angkutan perkotaan (angkot) dan Kopaja.

Selain peluncuran sistem perizinan online, pada hari yang sama juga diluncurkan Fleet Management System yang digunakan oleh Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta).

Sistem IT berbasis online ini juga digunakan oleh Perum PPD guna meningkatkan efektifitas kinerja, BUMN sepeti PPD untuk melayani masyarakat di Ibukota Jakarta ini.(helmi)