Angkasa Pura 2

PPD Siapkan 55 Unit Bus Untuk TransJakarta Termasuk di Koridor XIII

Koridor SDMMinggu, 16 Juli 2017
Depo PPD Ciputat

JAKARTA (Beritatrans.com) – Manajemen Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) menyiapkan 55 unit bus, mengantisipasi pengoperasian TansJakarta koridor XIII, Cawang-Ciledug, Tangerang Banten. Armada tersebut siap dioperasikan sampai 50 unit dan 5 unit sisanya sebagai cadangan di koridor yang bersangkutan.

Salah satu BUMN transportasi darat itu siap mendukung program pemerintah terutama dalam mengembangkan angkutan umum di wilayah Jabodetabek. Selama ini, PPD menjadi feeder TransJakarta yang cukup potensial.

“Memang belum ada penugasan dari PT TransJakarta kepada Perum PPD. Tapi, kami siap sepenuhnya dan masih ada 55 unit armada bus yang siap dioperasikan di semua koridor termasuk karidor baru yang akan segera dibuka,” kata Senior manager Operasi Perum PPD Arief Praptanto menjawab Beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Armada bus PPD yang siap dioperasikan kini ada di Pool PPD Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Disitulah sebagian besar armada Perum PPD ditempatkan termasuk yang dioperasikan sebagai feeder TransJakarta.

Semua bus PPD didesign sebagai bus kelas eksekutif. Bus tersebut masih laik jalan dan siap dioperasikan sesuai penugasan dari Pemerintah termasuk PT TransJakarta, salah satu BUMD Pemprov DKI Jakarta.

Selama ini, jelas Arief, Perum PPD merupakan salah satu mitra TransJakarta dan melayani semua koridor TranJakarta yang ada di Kota Jakarta. PPD juga melayani angkutan Bus rapit Transir (BRT) dari Jakarta ke berbagai tujuan di wilayah Jabodetabek.

Arief mengaku, dalam uji coba TransJakarta Koridor XIII tujuan Ciledug Tangerang belum ada mitra-mitra operator yang dilibatkan termasuk Perum PPD.

“Untuk uji coba, mungkin cukup dengan armada PT TransJakarta. Setelah dioperasikan nanti, baru mengajak para mitranya sebagai feeder TransJakarta yang sudah eksis selama ini,” papar pejabat BUMN transportasi darat tersebut.(helmi)