Angkasa Pura 2

Hasil GP Inggris, Hamilton Tempel Ketat Vettel

OtomotifSenin, 17 Juli 2017
f1_Inggris_2017_ferrari_motorsport

LONDON (Beritatrans.com) – Pebalap Formula 1 tim Mercedes, Lewis Hamilton, menempel kian ketat pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel, pada klasemen sementara F1 2017.

Kedua pebalap andalan tersebut kini terpaut hanya satu poin saja menjelang paruh kedua musim balap F1 2017, padahal jarak poin sebelum gelaran GP Inggris berlangsung yakni terpaut 14 poin.

Hamilton akhirnya berhasil menjuarai balapan Formula 1 GP Inggris di depan pendukungnya sendiri tanpa banyak tekanan berarti dari pesaing-pesaingnya dalam meraih podium keempat di musim ini.

Sedangkan pada gelaran GP Inggris kali ini, rival terberat Hamilton, yakni Vettel seperti hampir tak berkutik, terlebih lagi dengan kejadian ban bocor yang dialami Vettel saat lap terakhir.

Seperti dilansir Motorsport, melintasi garis finis di urutan kedua, Valtteri Bottas terpaut 14 detik di belakang Hamilton. Pembalap Finlandia itu menyelesaikan balapan di depan kompatriotnya, Kimi Raikkonen, yang melengkapi posisi podium meski mengalami masalah ban bocor sebelum kejadian yang sama menimpa rekan setimnya.

Ketika melakukan formation lap, pebalap Renault, Jolyon Palmer, melaporkan adanya masalah hidraulis. Ia pun harus mengakhiri perjuangannya setelah mendapat instruksi dari timnya untuk menghentikan mobil R.S.17 yang ia kemudikan.

Memasuki putaran kelima, balapan kembali berlangsung normal. Berusaha bangkit dari rombongan belakang, Daniel Ricciardo terdorong ke luar lintasan saat berduel melawan Magnussen.

Saat putaran ke-13, Vettel mulai mendekati Verstappen menjelang tikungan Stowe. Pembalap Ferrari itu berusaha masuk ke sisi dalam. Keduanya melebar ke luar lintasan, dan saat menuju ke tikungan Vale, Verstappen melakukan manuver bertahan yang agresif.

Masih terjebak di belakang Verstappen, Vettel akhirnya memutuskan untuk masuk ke pit pada putaran ke-19 dan beralih ke kompon Pirelli soft. Saat kembali bergabung ke lintasan, ia keluar di depan Esteban Ocon.

Yang paling menarik, saat dua putaran lap teakhir, kejadian menimpa tim Ferrari. Raikkonen mengalami kebocoran pada ban sebelah kiri-depan, dan secara mengejutkan juga diputaran berikutnya insiden yang sama kembali menimpa Vettel.

Hamilton melintasi garis finis di urutan pertama, di depan Bottas, dan Raikkonen yang kembali ke posisi podium setelah masalah yang menimpa Vettel. Pebalap Jerman itu melorot ke urutan ketujuh saat balapan berakhir. [yog]

Klasemen 10 Pebalap Teratas – Poin
1. Sebastian Vettel - 177
2. Lewis Hamilton - 176
3. Valtteri Bottas - 154
4. Daniel Ricciardo - 117
5. Kimi Raikkonen - 98
6. Max Verstappen - 57
7. Sergio Perez - 52
8. Esteban Ocon - 43
9. Carlos Sainz Jr. - 29
10. Nico Hulkenberg - 26