Angkasa Pura 2

Menhub: Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pelaut Lulusan STIP

SDMSenin, 17 Juli 2017
IMG-20170716-WA0052

JAKARTA (Beritatrans.com) – Jajaran BPSDM Perhubungan harus terus meningkatkan pembinaan Taruna-Taruni STIP agar dapat memenuhi kebutuhan pelaut, baik nasional maupun internasional. Sudah saat meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa Inggris bagi pelaut lulusan STIP, sehingga mampu bersaing di era global.

Demikian disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi di kampus STIP Jakarta, Mnggu (16/7/2017) petang. Kemampuan Bahasa Inggrus menjadi kunci sukses untuk meraih peluang kerja yang lebih baik.

Menurutnya, Indonesia menjadi salah satu penyumbang SDM pelaut unggul di dunia. “Sumber daya manusia (SDM) berkompetensi tinggi dari lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sudah saatnya menjawab tantangan yang ada di dunia internasional,” kata Menhub.

Dikatakan, salah satu faktor Indonesia masih kalah bersaing dengan Filipina dalam jumlah pelaut yang bekerja secara internasional adalah kemampuan bahasa Inggris.

Saat ini, lanjut Menhub, Filipina mampu menyumbang pelaut yang bekerja secara internasional 4 juta orang. Indonesia baru bisa menyumbang 400.000 pelaut.

“Kami minta ke depan harus lebih banyak lagi krn sesungguhnya SDM kita bisa,” jelas Menhub Budi Karya.

Untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing pelaut-pelaut Indonesia, Menhub menyarankan agar Bahasa Inggris lebih diperkuat lagi. “Jika kemampuan pelaut Indonesia, termasuk lulusan STIP makin baik, maka daya saing kita lebih baik pula,” kilah Menhub.

Bahasa Inggris meruakan alat untuk mendukung kemampuan berkomunikasi. Apa artinya kemampuan teknis pelaut yang tinggi, namun tak bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang baik.

“Mereka disuruh diam saya, karena tak paham. Sebaliknya, pelaut Filiphina memiliki kemampuan Bahasa Ingris yang baik, meski secara teknis mereka kurang baik dibandingkan pelaut Indonesia,” tandas Menhub lagi.(helmi)