Angkasa Pura 2

Taruna STIP Sukses Lakukan Pertolongan Kecelakaan Kapal di Laut

SDMSenin, 17 Juli 2017
STIP simulasi1

Menhub kolam latih stip

JAKARTA (Beritatrans.com) – Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) menggelar simulasi pertolongan keadaan darurat di laut. Praktek itu dilakukan dengan menurunkan perahu kano, skoci, liferaft, kapal evakuasi dan helikopter SAR.

Simulasi penanganan keadaan darurat ini melibatkan puluhan taruna-taruni STIP di kolam latih dan dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (16/7/2017).

Ikut hadir mendampingi Menhub, adalah Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono, Sesban BPSDM Perhubungan Masrono Yugihartiman serta Ketua STIP Capt. Sahattua P.Simatupang, MM, M.Hum dan staf.

Mengawali simulasi tersebut, pertama diturunkan perahu naga lengkap dengan tabuhan layaknya lomba dayung. Kemudian diturunkan liferaft ke laut dari kapal saat terjadi kebakaran dan langsung dikembangkan yang mampu menampung 20 taruna.

Sesaat kemudian diturunkan skoci dan dalam hitungan sekitar tiga menit kapal skoci sudah turun ke air dan digunakan untuk mengevakuasi para penumpang yang kapalnya mengalami kecelakaan.

STIP Simulasi2

Di sisi lain, diperagakan penumpang kapal yang satu-persatu turun kapal dengan cara menceburkan diri ke laut setelah ada perintah meninggalkan kapal dari nakhoda. Dengan sigap, tim evakuasi menolong para korban dan dinaikkan ke helikopter SAR untuk selanjutnya diterbangkan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Sekitar 30 menit, simulasi pertolongan kecelakaan kapal yang diperankan taruna-taruni STIP berjalan lancar. Tepuk tangan meriah diberikan termasuk pada tamu VIP yang ikut menyaksikan simulasi pertolongan kondisi darurat di kolam latih STIP Jakarta tersebut.

Semua skenario darurat dalam menolong dan menyelamatkan kapal dan penumpang dalam kecelakaan kapal bisa dilakukan dengan baik dan benar. Semua korban yang terjun ke laut bisa diselamatkan dan penumpang kapal lainya juga bisa meninggalkan kapal untuk selanjutnya menyelamatkan diri.

Menhub Kolam Latih

Tamu VIP Tak Bergeming

Sementara, dari sisi kolam latih, para tamu VIP termasuk Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala BPSDM Perhubungan taK bergeming dari tempatnya berdiri menyaksikan kemahiran taruna-taruni STPI melakukan evakuasi dan pertolongan kecelakaan kapal di luat tersebut.

Semua fasilitas dan peralatan keselamatan kapal milik STIP Jakarta tetap terjaga dan bisa berfungsi dengan optimal. Saat dilakukan simulasi pertolongan pada kasus kecelakaan kapal laut bisa berjalan optimal.

Kanit Kapal Latih STIP Capt. Sajim Budi Setiawan mengatakan, persiapan simulasi pertolongan keadaan darurat ini dilakukan selama dua hari sejak diterima informasi rencana kedatangan Menhub Budi Karya Sumadi ke STIP Jakarta, Jumat tanggal 14 Juli 2017 silam.

STIP Simulasi4

“Para taruna yang akan dilibatkan langsung dipanggil, diberikan briefing dan langsung latihan, sebelum libur akhir pekan. Pada Minggu pagi usai pesiar kembali dilakukan latihan dan sore ini bisa langsung melakukan simulasi dan berjalan lancar,” kata Capt. Sajim lagi.

Kolam latih dan alat-alat keselamatan di STIP selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Mereka selalu digunakan untuk latihan rutin taruna, bahkan para peserta diklat basic safety training BST serta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) juga dilatih untuk mengevakuasi korban di kolam latih ini,” tandas Capt. Sajim.(helmi)