Angkasa Pura 2

Wow, Ada Layanan Informasi Berbahasa Jawa di Bandara Adisutjipto

BandaraSenin, 17 Juli 2017
IMG_20170717_200607

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) – Biasa mendengarkan layanan informasi di bandara dengan bahasa Indonesia dan Inggris atau bahasa asing lainnya? Itu sudah biasa. Kali ini ada yang luar biasa bahkan wow, karena Bandara Adisutjipto mulai menggemakan Bahasa Jawa, sebagai satu kearifan budaya lokal Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam menyampaikan pengumuman bagi penumpangnya.

“Bahasa Jawa, merupakan bahasa dan dialek yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa kini dapat langsung dirasakan penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Adisutjipto,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi dalam keterangan resmi yang diterima BeritaTrans.com, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, penambahan bahasa Jawa dalam penyampaian informasi ini diharapkan dapat menghadirkan nuansa “keramahan” Yogyakarta di bandara, sekaligus untuk mengenalkan dan mempromosikan Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang melalui Bandara Adisutjipto.

Yogyakarta yang merupakan salah satu destinasi utama di Pulau Jawa, memberikan peranan penting bagi bandara dalam mendukung industri kepariwisataan suatu daerah. Bandara menjadi etalase karena fungsi konektivitasnya dari dan menuju suatu lokasi wisata.

“Bandara Adisutjipto merupakan bandara pertama yang menghadirkan Bahasa Jawa dalam penyampaian informasi kepada penumpang di bandara AP I di wilayah Jawa,” kata Israwadi. (omy)