Angkasa Pura 2

3 Kapal Diserahkan Ke Koperasi Nelayan Pekalongan

Dermaga Kelautan & PerikananRabu, 19 Juli 2017
images (2)

PEKALONGAN (BeritaTrans.com) – Raut gembira terpancar pada para nelayan di Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan saat menerima bantuan tiga kapal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bantuan kapal bertonase 5 gross ton (GT) tersebut masing-masing nilainya mencapai Rp600juta.

Penyerahan bantuan itu langsung dilakukan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi kepada dua kelompok koperasi nelayan, yakni Jaya Mandiri I dan Jaya Mandiri II.

“Kita patut bersyukur, Kabupaten Pekalongan menjadi salah satu tempat penerima bantuan cukup banyak. Semoga ke depan bantuan yang didapat bertambah hingga mencapai puluhan unit. Lobi masih terus kami lakukan,” terang Asip.

Dijelaskan, setidaknya ada 14 kapal dari KKP yang akan diberikan di Kota Santri. Pihaknya berharap bantuan yang diberikan tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya dengan tujuan meningkatkan perekonomian warga atau nelayan di Kecamatan Wonokerto.

“Saya menginginkan bantuannya mencapai 100 kapal. Kami ke depan juga akan mengusahakan bantuan alat penangkap ikan. Saya harap nanti Kota Santri menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia. Namun sebelum itu masalah rob juga bakal ditangani,” kata dia.

Bantuan yang diberikan ini, menurutnya, dapat menjadi pemicu semangat kerja nelayan agar bisa mengembalikan masa kejayaan perikanan. “Setelah menerima bantuan ini, saya minta nelayan dapat menjaga, memelihara dengan baik bantuan yang diterima. Kami juga akan melakukan pendampingan manajemen keuangan untuk memperlancar pengelolaan. Kami juga siap fasilitasi permodalan,” bebernya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pekalongan Siswanto menjelaskan, selain mendapat bantuan kapal, para nelayan bersama masyarakat di sekitar pantai Wonokerto juga melakukan gerakan bersih pantai.

“KKP memberikan bantuan secara bertahap. Untuk kali ini tiga kapal berkapasitas 5 GT. Kemungkinan ke depan akan nambah lagi dengan kapasitas 10 GT. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak bantuan teralokasikan di Kabupaten Pekalongan,” tandas Siswanto. (yon/sumber: radarpekalongan.com).

loading...