Angkasa Pura 2

Indonesia Dukung Program Kerja Sama Teknis IMO 2018-2019

DermagaRabu, 19 Juli 2017
IMG-20170719-WA0042

LONDON (BeritaTrans.com) – Pemerintah Indonesia menyatakan dukungannya terhadap program kerja sama teknis International Maritime Organization (IMO) 2018-2019.

Hal itu disampaikan pada Sidang IMO terkait Technical Cooperation Committee (IMO TC) ke-67 yang diselenggarakan di markas besar IMO di London pada 17-19 Juli 2017.

Dalam sidang yang membahas program-program kerja sama teknis IMO dan negara anggotanya dan dibuka Sekretaris Jenderal IMO, Mr. Kitack Lim.

“Program Kerja sama Teknis Maritim IMO ditujukan untuk meningkatkan kapasitas SDM maritim dunia, dan mulai tahun 2017 ini perlu untuk diselaraskan dengan IMO Strategic Direction 2016-2023 serta wajib untuk mengikuti program PBB Sustainable Development Goals (SDGs),” jelas Lim di London, Rabu (19/7/2017).

Lim menyatakan kepada dunia pentingnya pelayaran sebagai salah satu sarana untuk mendukung peningkatan perdagangan dan perekonomian dunia dengan tujuan utama pembangunan maritim dunia berkelanjutan (sustainable development).

Atase Perhubungan KBRI London Simson Sinaga menyatakan bahwa Indonesia mendukung dilaksanakannya program-program kerjasama tersebut yang sangat perlu untuk diikuti oleh SDM maritim di Indonesia.

“Ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam program-program kerjasama teknis tersebut sekaligus menunjukkan eksistensi Indonesia sebagai negara anggota IMO. Terlebih lagi dengan adanya Pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2018-2019 yang pemilihannya akan dilaksanakan di bulan November 2017 ini di London,” ungkap Simson.

Dalam sidang tersebut, delegasi Pemerintah Indonesia diwakil oleh Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Maritim (Kemenko Maritim) TB Haeru, Atase Perhubungan KBRI London Simson Sinaga, Kepala Sub Direktorat Keselamatan Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan Capt. Bharto.

Didampingi juga Kepala Bagian Ketatausahaan dan Pelaporan Deputi IV Kemenko Maritim Reimond dan Kepala Sub Bagian Kerjasasama Luar Negeri dan Perjanjian Internasional Sesditjen Perhubungan Laut  Kementerian Perhubungan Barkah Bayu Miharja. (omy)

loading...