Angkasa Pura 2

Kapal Rejeki Baru Kharisma Terbalik di Tarakan Angkut 52 Penumpang

DermagaSelasa, 25 Juli 2017
70505979424-kapal_tenggelam_ayonewscom

TARAKAN (BeritaTrans.com) -Kapal cepat atau speed boat (SB) Rejeki Baru Kharisma yang terbalik di perairan Tarakan, Kalimantan Utara tak jauh dari Pelabuhan dan menewaskan 10 penumpang, diketahui mengangkut 52 orang.

Sebanyak 42 penumpang yang kapalnya berangkat dari pelabuhan Sungai Danau dan Ferry (SDF) pada Selasa (25/7/2017) pukul 09.50 WITA itu, berhasil dievakuasi dengan selamat.

“Kapal berangkat Pelabuhan Tarakan menuju Pelabuhan Tanjung Selor, Kalimantan Utara,” jelas Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A Tonny Budiono setelah memeroleh laporan dari KSOP Tarakan.

Kapal tersebut memiliki kapasitas 55 penumpang, artinya SB Rejeki Baru Kharisma (RBK) saat berlayar tidak kelebihan manifes.

“Saya menyesalkan kejadian tersebut. Tim evakuasi sudah diterjunkan dan berhasil menolong para penumpang speed boat,” ujar Tonny.

Dia menegaskan pentingnya sinergi regulator, operator dan pengguna jasa dalam mewujudkan keselamatan pelayaran.

“Kami minta dukungan dari operator dalam hal ini pemilik kapal dan Nakhoda untuk juga mengutamakan keselamatan pelayaran agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” kata Tonny. (omy)

Foto: ilustrasi

loading...