Angkasa Pura 2

Gerbang Tol Rorotan 2 Jadi Bottle Neck Arus Truk Logistik

KoridorRabu, 26 Juli 2017
2017-07-26 14.38.34

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sejak jalan Tol Pelabuhan Tanjung Priok dioperasikan, ternyata arus truk logistik tak lantas menjadi lancar.

Arus kendaraan dari jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) arah pelabuhan harus terjebak macet saat ke luar tol di Cilincing.

Demikian halnya arus kendaraan dari pelabuhan dan Cilincing wajib antre panjang di Gerbang Tol Rorotan 2. Pengemudi harus menderita antre lama untuk sekadar ttansaksi menbayar tarif tol.

Antrean itu semakin parah saat jam sibuk yakni pagi dan sore. “Aneh kan ya, mau bayar tol saja susah. Apa nggak ada cara laen biar saya nggak susah kena macet kayak gini,” cetus seorang sopir truk kontainer.

2017-07-26 14.43.16

Di dua titik tadi, kendaraan bisa berwaktu tempuh sekitar satu jam. Sebelum dan sesudah dua ‘hot spot’ ini kendaraan lancar. Walhasil, dua titik di jalan tol ini menjadi bottle neck bagi kelancaran arus ligistik.

Sekali lagi, kondisi ini muncul sejak tol pelabuhan dioperasikan. Sejauh ini belum ada aksi konkret dari operator jalan tol untuk mereduksi kemacetan arus truk logistik, yang menjadi bagian dar8 jaringan visi pemerintah membangun Tol Laut dan Poros Maritim.

Padahal operator jalan tol bisa menggerakkan pegawai untuk mempercepat transaksi di gerbang. Operator juga bisa membangun gerbang tambahan. Bisa pula transaksi di gerbang tol Rorotan 2 ditiadakan dan dipindah ke lokasi lain. (agus w).

loading...