Angkasa Pura 2

PPD Operasikan 30 Bus Transjakarta Di Rute Summarecon Bekasi-Bundaran HI

KoridorKamis, 27 Juli 2017
transjakarta

BEKASI (BeritaTrans.com) – Sebanyak 30 unit bus Transjabodetabek mulai dioperasikan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 27 Juli 2017. Angkutan massal milik Perum PPD ini melayani trayek Summarecon Bekasi-Bundaran HI.

“Khusus hari ini mulai pukul 06.00-08.00 gratis,” kata Kepala Divisi Humas Perum PPD, Arga Narendra saat ditemui Tempo di titik pemberangkatan Transjabodetabek, Summarecon Bekasi, Kamis, 27 Juli 2017.

Arga mengatakan, Transjabodetabek kali ini berbeda dengan yang diluncurkan sebelum-sebelumnya. Yang membedakan kali ini, kata dia, armada tersebut mendapatkan pengawalan dari voorijder. “Agar perjalanannya cepat, tidak terhambat kemacetan,” katanya.

Arga mengatakan, waktu tempuh dari titik pemberangkatan ke lokasi tujuan normalnya bisa mencapai dua jam. Namun, dengan adanya pengawalan khusus bisa dipangkas hingga 70 persen. “Uji coba pertama waktu tempuh berkurang 50 persen, target kami 70 persen,” kata dia.

Menurut Arga, Transjabodetabek berbeda dengan Transjakarta dari Bekasi, meskipun sama-sama berangkat dari Summarecon Bekasi. Transjabodetabek, kata dia, setelah keluar tol menggunakan jalur arteri. “Kalau Transjakarta masuk ke jalurnya sendiri,” ujar Arga.

Menurut Arga, tahap uji coba sekaligus sosialisasi bagi pengguna angkutan umum. Karena itu, belum banyak penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut. Adapun, pemberangkatan tadi pagi jumlah penumpang yang berangkat dari Summarecon sebanyak 20 orang. “Penumpang tidak hanya dari sini, di halte-halte juga menaikkan penumpang,” kata Arga.

Berdasarkan pengamatan Tempo pukul 08.30 WIB, belasan unit bus Transjabodetabek berjejer di kawasan Summarecon Bekasi, tepatnya di belakang halte Transjakarta. Selama Tempo berada di sana selama 20 menit, tak ada satu pun penumpang. (moy/sumber tempo.co).

Foto: kompas.com