Angkasa Pura 2

Dirjen Agus Bilang OTP Penerbangan Perdana Calon Haji 100%

Bandara KokpitMinggu, 30 Juli 2017
IMG-20170729-WA0018

JAKARTA (beritatrans.com) – Penerbangan haji pada hari pertama, Jumat (28/7/2017), yang dilayani maskapai Garuda Indonesia berhasil mencatatkan tingkat capaian On Time Performance (OTP) hingga 100 persen di seluruh embarkasi nasional.

“Keberhasilan ini dapat dikatakan luar biasa mengingat, penerbangan dari Jakarta mengalami pemindahan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans, Minggu (30/7/2017).

Agus mengatakan, pencapaian OTP ini merupakan hasil kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder, mulai dari regulator, operator bandara, AirNav Indonesia dan maskapai.

Kerjasama dan koordinasi yang baik, lanjut Agus, ditunjukkan oleh stakeholder dalam pemindahan keberangkatan haji di embarkasi Jakarta. Semula keberangkatan dari Bandara Halim Perdanakusuma, namun karena landasan pacu bermasalah, dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami segera memutuskan untuk dipindah ke Cengkareng. AirNav Indonesia bersama operator bandara dan maskapai kemudian mengatur slotnya sehingga calon jamaah dapat terbang tepat waktu,” terang Agus.

Sekretaris Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Didiet K. S. Radityo menyatakan, setelah menerima instruksi dari Kementerian Perhubungan, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder penerbangan yang terlibat di dalam pengaturan slot time yang tergabung dalam Indonesia Airport Slot Management (IASM).

“Kami menjalin koordinasi yang intens dengan Dirjen Perhubungan Udara, Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia mengenai ketersediaan slot untuk penerbangan haji yang dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. Sesuai dengan mandat dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Agama, penerbangan haji akan kami prioritaskan,” ungkapnya. (aliy)