Angkasa Pura 2

Life Jacket & Liferaft Jadi Penyelamat Seluruh Penumpang & Kru Kapal Wisata Versace Jaya

DermagaMinggu, 30 Juli 2017
2017-07-30 18.19.12

MANGGARAI BARAT (BeritaTrans.com) – disiplin menggunakan life jacket dan berfungsinya liferaft menjadi faktor penentu selamatnya seluruh penumpang dan kru kapal layar motor Versace Jaya, yang tenggelam di Perairan Pulau Padar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (30/7/2017).

Life Raft adalah rakit atau perahu yang dirancang dan dimodifikasi khusus untuk digunakan sebagai perlengkapan keselamatan penumpang awak kapal pada saat terjadi kecelakaan atau pada saat kondisi darurat di laut.

2017-07-30 18.03.44

2017-07-30 18.07.41

Video penyelamatan penumpang dan kru kapal oleh tim SAR, yang didapat BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, memperlihatkan penumpang menggunakan life jacket saat dievakuasi menggunakan liferaft kapal Versace Jaya.

Pengetatan penggunaan life jacket, BeritaTrans.com dan tabloid BeritaTrans mencatat dimulai digelar saat Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuan Bajo Ditjen Perhubungan Laut dijabat Usman Husen. Usman sering kali sidak untuk memastikan peralatan keselamatan tersedia, dimanfaatkan dan dapat dipergunakan dengan baik.

Penggunaan liferaft kapal, yang dinakhodai Herman Ihlas, memperlihatkan bahwa kapal Versace Jaya memiliki peralatan keselamatan tersebut dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Dengan demikian, ada dua faktor penentu yang bekerja baik dalam proses penyelamatan dalam musibah transportasi laut tersebut. Pertama, kepatuhan terhadap keselamatan pelayaran. Kedua, cepatnya tim SAR memberikan pertolongan. (gus).