Angkasa Pura 2

Penumpang Batik Air Dari Bandara Soetta Merokok Di Toilet Pesawat

KokpitMinggu, 30 Juli 2017
2017-07-30 05.27.45

SORONG (BeritaTrans.com) – Kehebohan terjadi dalam pesawat Batik Air penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tujuan Sorong.

Pasalnya, Kurniawan, salah seorang penumpang pesawat milik Lion Group tersebut kedapatan merokok di dalam toilet pesawat.

Himawan, Airport Manager Lion Group Cabang Sorong menjelaskan, pesawat Batik Air itu terbang dari Bandara Soetta pada Rabu (26/7/2017), sekitar pukul 01.20 WIB, tiba di Sorong sekitar jam 08.00 WIT.

Kurniawan sudah tak tahan ingin merokok karena berjam-jam berada di dalam pesawat.

Kurang lebih satu jam sebelum pesawat landing di Bandara DEO, Sorong, Kurniawan pun merokok di dalam toilet pesawat. Padahal di dalam pesawat dilarang merokok, dan sudah ada peringatan sebelumnya dari kru pesawat agar tidak merokok di dalam pesawat, karena bisa membahayakan penerbangan.

Kurniawan tak mengira kalau di toilet pesawat ada alat pendeteksi asap rokok, sehingga alarm berbunyi dan tindakan Kurniawan yang merokok di dalam toilet itu diketahui oleh kapten pesawat. Maka kapten minta agar penumpang itu diproses.

Setelah tiba di Bandara DEO, pihak maskapai melaporkan kepada Avsec Bandara DEO. Kurniawan adalah penumpang lanjutan tujuan Manokwari, dimana dari Sorong ke Manokwari akan menggunakan pesawat Wings, maka sebagai sanksinya tiket Wings tujuan Manokwari dihanguskan, dan dia disuruh membuat surat pernyataan untuk tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.

“Yang jadi pertanyaan kenapa korek api bisa lolos di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Dia ini penumpang dari Kuala Namu Medan dengan Citilink turun di Jakarta, kemudian dari Jakarta ke Sorong naik Batik Air,”ujar Himawan kepada Radar Sorong (Jawa Pos Group). (lia).