Angkasa Pura 2

Taruna BP2IP Tangerang Menjalani Masa Basis 3 Bulan

SDMMinggu, 30 Juli 2017
IMG-20170729-WA0094

IMG-20170729-WA0092

BANDUNG (Beritatrans.com) – Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar mengatakan, setelah selesai masa dasar pembentukan karakter (Madatukar) di BP3K Ciwidey seluruh taruna akan masuk asrama dan mulai menjalani masa basis. Sebanyak 355 taruna program DP III dan DP IV langsung ke kampus serta hidup dan tinggal di asrama.

“Selama tiga bulan, mereka harus tetap tinggal di asrama dan dibina serta dibentuk karakternya sebagai calon pelaut yang unggul dan siap mengahadapi segala tantangan,” kata Capt. Sugiyono kepada Beritatrans.com, Jumat (28/7/2017).

Para taruna BP2IP Tangerang belum diperkenankan pulang atau pesiar meninggalkan kampus. Tidak boleh pula ditengok orang tua atau keluarganya. Masa basis itu akan berlangsung sampai tiga bulan pertama taruna masuk di kampus pasca Madatukar ini.

IMG-20170729-WA0093

“Selama masa basis ini, taruna harus tetap di kampus dan harus mengikuti seluruh jadwal diklat dari bangun tidur sampai tidur lagi. Selama itu pula, akan diawasi para instruktur di kampus BP2IP Tangerang. Mereka juga akan mulai menjalani diklat kepelautan di kampus pelaut di daerah Mauk, Tangerang itu,” papar Capt. Sugiyono.

Masa basis pendidikan kepelautan itu, tambah Capt. Sugiyono, merupakan bagian dasar pembentukan karakter taruna pelaut yang harus dijalani taruna BP2IP Tangerang dan juga kampus BPSDM Perhubungan pada umumnya. Selama masa basis pembentukan sikap dan karakter taruna, mereka tidak boleh pulang dan tidak boleh dijenguk orang tua atau keluarganya.

“Nanti saat pesiar perdana, taruna diberikan waktu pesiar keluar kampus, orang tua atau wali taruna BP2IP Tangerang akan diundang ke kampus. Saat itu sekaligus sebagai media laporan perkembangan diklat putra-putrinya pada awal masuk kampus BP2IP Tangerang,” tegas Capt. Sugiyono.(helmi)

  • Eduward Park Tobing

    Info pendaftaran nya Pak/Bu trimaksih