Angkasa Pura 2

HUT Kemerdekaan Tak Perdengarkan Rekaman Proklamator Saat Bacakan Teks Proklamasi Tahun 1945

Another NewsSabtu, 5 Agustus 2017
Patung Soekarno-Hatta Cengkareng

JAKARTA (Beritatrans.com) РPeringatan HUT Kemerdekaan RI adalah Hari Memperingati lahirnya NKRI. Hari Kemerdekaan Bangsa ini , dan ini ditandai dengan dibacakannya  Teks Proklamasi oleh Proklamatornya yakni Soekarno Hatta.

“Namun sayang, peringatan HUT Kemerdekaan RI , khususnya di Istana Negara setiap tahun, mengapa pembacaan teks Proklamasi tidak memperdengarkan dan atau memutar ulang rekaman pembacaan teks Proklamasi yang dilakukan oleh Bung Karno yang didampingi Bung Hatta,” kata Direktur Puskepi Sofyano Zakaria kepada Beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

Dengan memperdengarkan rekaman suara pembacaan teks proklamasi di tahun 1945 pada peringatan HUT Kemerdekaan RI , lanjut Sofyano,  bisa bermakna kita menghadirkan kembali sosok sang Proklamator di setiap tahun.

“Hal itu sebagaimana kita menyaksikan dikeluarkannya bendera pusaka mendampingi bendera merah putih untuk di kibarkan pada setiap Tanggal 17 Agustus,” jelas Sofyano lagi.

Bukankah rekaman suara Bung Karno ketika membacakan teks Proklamasi, sebur Direktur Puskepi itu, masih ada dan tergolong baik untuk diperdengarkan kembali.

Sofyano menambahkan, dengan memperdengarkan suara asli sang Proklamator yang membacakan teks Proklamasi juga bisa membuat tahu para generasi muda bahwa yang memproklamasikan kemerdekaan RI adalah Soekarno-Hatta.(helmi)