Angkasa Pura 2

Pebalap Spanyol Dominasi Podium MotoGP Ceko

OtomotifSenin, 7 Agustus 2017
MotoGP_thedrive_2017

JAKARTA (beritatrans.com) – Tiga pebalap MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Maverick vinales, kembali mendominasi ajang balap motor bergengsi 2017.

Bertempat di sirkuit Brno, Republik Ceko, ketiga pebalap Spanyol juga kembali mengulang sejarah yang sama dengan menempati podium juara di MotoGP Jerez, pada 7 Mei 2017. Namun pada saat itu pebalapnya adalah Marck Marquez dan Dani Pedrosa, pebalap dari Repsol Honda dan Jorge Lorenzo, pebalap andalan Ducati.

Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, seperti dilansir Motorsport, dalam pertarungan kali ini menjelaskan strategi yang dipakai pada balapan tidak seperti yang direncanakan. Dia pun mengaku masih bisa melaju lebih cepat setelah mengganti motornya.

Saat mulai perlombaan Marquez memang berada di pole position, namun sepertinya dia harus merelakan disalip oleh Jorge Lorenzo yang melesat di atas Ducati tunggangannya.

Selepas start, Marquez diikuti Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Satu lap berikutnya, Lorenzo mengambil alih pimpinan balapan, sedangkan Marquez mulai kehilangan banyak posisi.

Lorenzo masih memimpin pada akhir Lap 2, tapi Marquez melorot turun di posisi ke-19. Selanjutnya Marquez masuk pit di akhir Lap 2 dan keputusan ini menjadi faktor penentu kemenangan dominan The Baby Alien.

Sementara itu dua rivalnya, yaitu Rossi dan Dovizioso, pada lap 5 terlihat terlambat masuk ke pit untuk mengganti motor, yang kemudian disusul Maverick Vinales. Namun lagi-lagi strategi Marquez berhasil membuat ketiga pebalap tersebut tak mampu mengejar ketertinggalannya.

Race akhirnya dimenangi Marquez, dengan keunggulan lebih dari 12 detik dari Dani Pedrosa sehingga pebalap Repsol Honda menguasai podium 1-2, dan Yamaha dengan pebalap andalanya Vinales finis di urutan ketiga.

Untuk posisi keempat ditempati oleh Valentino Rossi, dari Yamaha. The Doctor memang tak naik podium, namun penampilannya boleh dibilang tidak mengecewakan padahal Rossi sempat mengalami kendala saat berada di posisi ke-13 usai berganti motor.

Hasil ini, sekaligus memperpanjang keunggulan Marquez di klasemen sementara menjadi 154 poin, disusul Maverick Vinales 140 poin. Selanjutnya seri MotoGP akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria pada pekan depan. [yog]

Foto:Ist