Angkasa Pura 2

Kemampuan Basic Life Support Perlu Dimiliki Awak Kabin

Bandara Kokpit SDMSelasa, 8 Agustus 2017
6df6eb1d-0327-4d33-8607-22dcfb998d22

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kemampuan basic life support dalam menolong penumpang perlu dimiliki oleh awak kabin pesawat.

Dr.Nazar menjelaskan bahwa pelatihan Basic Life Support sangat diperlukan bukan hanya untuk tim medis melainkan juga masyarakat umum.

“Sebetulnya keadaan emergency pada setiap pasien itu bisa diatasi dengan response time pada penanganan awalnya,” kata Dr. Nazar usai menerima penghargaan dari Menteri Perhubungan di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Menurutnya, bila penanganan awalnya sudah baik dan benar, proses penyembuhan pada tahap berikutnya akan lebih baik. Namun begitu, untuk memiliki talenta itu perlu pelatihan.

“Tanpa pelatihan pasti kita tidak mampu melakukan hal yang baik dan benar. Inilah yang kita maksud dengan pelatihan Basic Life Support penting bukan hanya untuk tim medis melainkan juga untuk masyarakat umum,” jelas Dr. Nazar.

Menanggapi hal tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan rencana untuk menambah kompetensi awak kabin dengan pelatihan Basic Life Support.

“Saya lihat ada suatu pendidikan yang harus ditambahkan menjadi suatu kompetensi bagi para pramugari dan awak kabin. Memang kita lihat Garuda Indonesia sudah ada suatu standar, tetapi dengan kejadian ini kita minta ada suatu level edukasi yang lebih advance. Oleh karenanya, kalau nanti diadakan pelatihan (basic life support) satu hari bermakna untuk jutaan orang,” urai Menhub.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan akan melakukan pertemuan dengan PB IDI (Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia) dalam waktu dekat.

“Saya akan undang PB IDI. Saya pikir kita akan segera lakukan kerja sama karena saya yakin Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, (dan lainnya) pasti tertarik untuk melakukan (kerja sama) ini karena pengetahuan ini (Basic Life Support) bagi awak kabin itu sangat penting,” tutup Menhub.

Seperti diketahui Menhub memberikan penghargaan kepada beberapa dokter atas aksi heroiknya dalam menolong sesama penumpang di dalam pesawat Garuda Indonesia belum lama ini. (omy)