Angkasa Pura 2

BPPTD Bali Gelar Diklat 19 Penilai Analisis Dampak Lalu Lintas

Koridor SDMRabu, 9 Agustus 2017
IMG-20170809-WA0004

GIANYAR (BeritaTrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Bali Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan menggelar diklat penilai analisis dampak lalu lintas (Andalalin).

Gelaran diklat itu, Kepala BPPTD Bali, Bambang Wijonarko mengutarakan diikuti 19 peserta dari Dinas Perhubungan tingkat provinsi, kabupaten dan kota dari berbagai daerah.

Mereka dididik tentang pengetahuan untuk memprediksi dampak (lalulintas) yang ditimbulkan suatu pembangunan baru atau pengembangan bangunan (revitalisasi).

Prediksi itu, Bambang Wijonarko menuturkan untuk mengakomodasikan perubahan yang terjadi akibat pengembangan baru sehingga (pemerintah) dapat menentukan kebijakan mengenai tata guna lahan.

“Kebijakan itu mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jumlah dan lokasi akses, serta alternatif peningkatan atau perbaikan. Berguna juga bagi pengembang atau investor untuk menentukan kelanjutan bidang usahanya,” jelas Bambang.

Pihak yang berhak kajian andalalin adalah konsultan atau instansi, yang mempunyai tenaga ahli bersertifikat di bidang transportasi. “Nah kebutuhan SDM tenaga ahli ini yang dilahirkan BPPTD,” ujarnya.

Sertifikat sebagai tenaga ahli, dia menuturkan diterbitkan oleh Ditjen Perhubungan Darat. “Karena itu, pengujinya juga dari Ditjen Perhubungan Darat,” jelasnya. (awe).