Angkasa Pura 2

Dua Tahun Pimpin INSA, Johnson Klaim Sejumlah Prestasi Hasil Kerjanya

Dermaga SDMKamis, 10 Agustus 2017
IMG-20170810-WA0020

IMG-20170810-WA0019

JAKARTA (Beritatrans.com) – Selama dua tahun terakhir sejak kepengurusan INSA periode 2015-2019, INSA telah bekerja melaksanakan program kerja. Roda organisasi tetap berjalan dengan ribuan anggota di seluruh Indonesia.

“Kami bersyukur, sejumlah program kerja yang kami rencanakan, baik untuk kepentingan organisasi maupun industri telah berjalan dengan baik,” kata Ketua DPP INSA Johnson W.Sutjipto disela-sela Ultah 50 Tahun INSA di Jakarta, Rabu (9/8/2017) malam.

Untuk kepentingan anggota dan industri pelayaran di Tanah Air, lanjut dia, sejumlah program yang telah berhasil diperjuangkan DPP INSA. Mereka yang diperjuangkan itu antara lain:

Pertama, dihapuskannya ketentuan mengenai persyaratan modal minimal dalam pengurusan izin usaha pelayaran nasional melalui Peraturan Menteri Perhubungan No. 24 tahun 2017 dan menjadi salah satu program Paket Kebijakan Ekonomi XV Presiden Joko Widodo yang baru rililis pada Juni 2017.

Kedua, kata Johnson, Perjuangan INSA agar ada dispensasi berupa penundaan penggunaan mata uang Rupiah bagi sektor pelayaran nasional akhirnya direspon dengan ditundanya penerapan mata uang Rupiah atau PBI 17 tahun 2015 bagi pelayaran selama 10 tahun sejak tahun 2016. Sampai sekarang, kebijakan ini telah dimanfaatkan oleh sebagian besar anggota INSA.

Ketiga, papar Johnson, adalah usulan INSA mengenai SKB PPN agar dapat direstitusi oleh pihak yang menerimanya seperti Galangan Kapal nasional juga telah direstui dengan keluarnya kebijakan berupa Peraturan Menteri Keuangan No. 193/PMK.03/2015 yang dikenal dengan SKTD & RKIP.

Ditambahkan Johnson, untuk saat ini pihak INSA terus berjuang agar: Pemerintah merevisi Peraturan Pemerintah PP No.15 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang sangat memberatkan usaha pelayaran.

Merevisi Peraturan Menteri Perdagangan No.127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru.

Penghapusan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) terhadap Penggunaan Bahan Bakar Kapal di Indonesia sebesar 7,5% agar harga BBM di Indonesia lebih kompetitif bagi usaha pelayaran.

Pameran dan e-Registasi

Selama dua tahun terakhir ini juga, INSA telah mendukung berbagai kegiatan baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah maupun stakeholders seperti Pameran Inamarin, Marintex Expo, Transportasi dan Infrastruktur Expo, JSMEA, KORMEA serta agenda-agenda lainnya.

INSA juga berpartisipasi pada event yang dilaksanakan Asian Shipowners’ Association atau ASA di tingkat Asian dan Federation of ASEAN Shipowners’ Forum atau FASA. Seperti diketahui, INSA adalah member dari kedua organisasi tersebut.

INSA, tambah Johnson juga melaksanakan program pendaftaran anggota INSA via online melalui program e-registrasi, penerbitan buletin INSA setiap bulan secara aktif dimana saat ini sudah memasuki edisi yang ke-20 dan menyebarkan informasi tentang organisasi dan industri melalui website insa.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari