Angkasa Pura 2

Kapal Induk Perambuan Dukung Tugas Kenavigasian

DermagaKamis, 10 Agustus 2017
IMG-20170810-WA0012

MERAK (BeritaTrans.com) – Kapal Induk Perambuan merupakan pendukung dalam kenavigasian. Keberadaannya sangat penting untuk menjamin keselamatan pelayaran melalui penyelenggaraan kenavigasian di seluruh Indonesia.

Direktur Kenavigasian I Nyoman Sukayadnya mengungkapkan bahwa pembangunan kapal-kapal navigasi merupakan konsekuensi Indonesia sebagai negara maritim sekaligus menjadi tanggungjawab Kementerian Perhubungan untuk menjamin keselamatan pelayaran melalui penyelenggaraan kenavigasian di seluruh wilayah perairan Indonesia.

“Pembangunan dua Kapal Induk Perambuan ini sekaligus menunjukkan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan jumlah armada kapal Negara kenavigasian,” jelas Nyoman mewakili Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A Tonny Budiono dalam peresmin Kapal Induk Perambuan KN Kalian dan KN Sibaru-Baru di Merak, Kamis (10/8/2017).

Kapal Induk Perambuan ini memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan tugas pemasangan dan pengangkutan Sarana Bantu Navigasi Perhubungan (SBNP) serta mengantar giliran tugas penjaga menara suar dan distribusi perbekalan.

“Kapal-kapal Negara yang telah kita bangun harus dijaga dan dirawat dengan baik agar kondisi teknisnya terus terjaga sehingga terus dapat diandalkan ketika menjalankan tugas kenavigasian,” tutur Nyoman.

Kedua kapal tersebut dibangun oleh galangan PT Caputra Mitra Sejati mulai tahun 2015. Kapal Sibaru-Baru sebelumnya telah diluncurkan pada 12 Juli 2017. (omy)