Angkasa Pura 2

Kapal Kontainer KM Kendhaga Nusantara 14 Yang Meledak Pesanan Ditjen Hubla

DermagaJumat, 11 Agustus 2017
KM Kendhaga Nusantara 14

SERANG (BeritaTrans.com) – Kapal KM Kendhaga Nusantara 14 yang meledak di areal PT Krakatau Shipyard, di Desa Pulo Ampel, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Jumat (11/8/2017) adalah jenis kapal negara type kontainer 100 Teus yang tengah dipesan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan.

Kapal untuk menunjang program tol laut Presiden Jokowi itu dibangun atas Kerja Sama Operasi (KSO) antara perusahaan galangan kapal milik pemerintah yakni PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dan PT Krakatau Shipyard. “Informasi yang kita dapatkan dari pengelola galangan, progres pembangunan kapal itu sudah mencapai 90 persen,” ungkap Kasatreskrim Polres Cilegon, AKP Dadi Perdana Putra.

Ledakan yang berasal dari Block 6 di dalam badan kapal yang dipersiapkan untuk menunjang program tol laut di perairan Jawa dan Indonesia Timur itu menewaskan sejumlah pekerja sekira pukul 07.45 WIB. Akibat ledakan, plat besi yang sudah dirancang pada bagian badan kapal mental hingga lebih dari 500 meter.

Baca : Boom ! Kapal di Galangan Pulo Ampel Meledak, Sejumlah Pekerja Tewas

“Kapal ini sudah dirakit kurang lebih dua tahun disini. Rencananya memang dibangun untuk jadi kapal kontainer,” kata Ismail, Sekuriti PT Krakatau Shipyard yang ditemui di lokasi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangn resmi dari Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan. Dirjen Hubla Antonius Tonny Budiono yang dikonfirmasi, belum membalas pesan singkat yang dilayangkan wartawan. (lia).

Sumber dan foto: bantennews.co.id