Angkasa Pura 2

Kapal Perusak Amerika Gelar Operasi Dekat Pulau Buatan China

HankamJumat, 11 Agustus 2017
101210-N-9626Y-052

WASHINGTON (beritatrans.com) – Sebuah kapal perusak milik angkatan laut AS USS John S. McCain menggelar operasi bersandi “operasi kebebasan berlayar” di dekat pulau buatan China di Laut China Selatan, kemarin.

kemarin dengan hanya berjarak 12 mil laut dari pulau buatan yang dibangun China di Laut China Selatan, kata para pejabat AS kepada Reuters.

Para pejabat pemerintahan Amerika Serikat khawatir manuver ini akan mempersulit upaya Presiden Donald Trump untuk menjalin kerja sama dengan China dalam masalah peluru kendali dan program nuklir Korea Utara.

Manuver ini pun dikhawatirkan mempersulit kemungkinan kedua negara dalam mempunyai pandangan bersama menyangkut Korea Utara.

Para pejabat AS yang meminta namanya tidak disebutkan itu menyatakan bahwa USS John S. McCain telah mendekat ke Pulau Karang Mischief di Kepulauan Spratly. China bersengketa dengan negara-negara tetangganya di area ini.

Ini adalah “operasi kebebaran berlayar” yang ketiga selama pemerintahan Trump. AS menganggap China telah membatasi kebebasan berlajar di perairan strategis itu.

Kementerian Pertahanan China mengungkapkan dua kapal China telah diterjunkan dan sudah memperingatkan kapal perusak AS itu untuk pergi. China menyebut tindakan itu sebagai provokasi yang merusak hubungan saling percaya di antara kedua negara. (aliy/antaranews.com)